Pengaruh kinerja keuangan (Net Profit Margin, Current Ratio dan Debt to Total Asset Ratio) terhadap Dividend Payout Ratio : Studi pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang tercatat di bursa efek Indonesia 2016

Nurkomalasari, Sri Erna Nur (2018) Pengaruh kinerja keuangan (Net Profit Margin, Current Ratio dan Debt to Total Asset Ratio) terhadap Dividend Payout Ratio : Studi pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang tercatat di bursa efek Indonesia 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Dividen merupakan nilai pendapatan bersih perusahaan setelah pajak dikurangi dengan laba ditahan yang digunakan sebagai cadangan perusahaan. Dividend Payout Ratio adalah suatu keputusan untuk menentukkan berapa besar bagian dari pendapatan perusahaan yang akan dibagikan kepada para pemegang saham dan yang akan diinvestasikan kembali (Reinvestment) atau ditahan (Retained) di dalam perusahaan. Dalam menentukan besarnya dividen yang dibagikan, pemegang saham dapat melihat dari kinerja keuangan dan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan Net Profit Margin, Current Ratio dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) studi pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang tercatat di BEI periode 2016 baik secara parsial ataupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah deskriptrif verifikatif pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan data crosectional yaitu data banyak perusahaan dengan 10 perusahaan. Dengan menggunakan uji asumsi klasik,uji linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Net Profit Margin terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016 dengan thitung Net Profit Margin 3,243 dan ttabel 1,94318 (2) tidak terdapat pengaruh positif signifikan Current Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016 dengan thitung 0,427 dan ttabel 1,94318 (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan Debt to Total Asset Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016 dengan -thitung -3,663 dan -ttabel -1,94318 .(4) terdapat pengaruh dan signifikan Net Profit Margin, Current Ratio, dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016 dengan dengan Fhitung 52.463 dan Ftabel 4,76. Dengan hasil koefisien determinasi (R²) 96,3% dari variabel Net Profit Margin, Current Ratio dan Debt to Total Asset Ratio terhadap Dividend Payout Ratio studi pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio (DPR);Net Profit Margin (NPM);Current Ratio (CR);Debt To Total Asset Ratio (DAR)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sri Erna Nur Komalasari
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:48
Last Modified: 02 Aug 2018 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12132

Actions (login required)

View Item View Item