Krisari, Rizkia Salsabila (2025) Pembingkaian berita ajakan MUI boikot produk pro-Israel pada media online AntaraNews.com edisi 25 September-17 Desember 2024: Analisis framing model Robert N. Entman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Konflik Israel-Palestina yang terus berlanjut hingga 2024 mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 14/Ijtima’ Ulama/VIII/2024 tentang prioritas penggunaan produk dalam negeri sebagai kelanjutan dari seruan boikot terhadap produk-produk yang terafiliasi dengan Israel. Gerakan ini disuarakan luas melalui berbagai media, khususnya portal berita online AntaraNews.com. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana media online AntaraNews.com membingkai berita boikot produk pro-Israel pada edisi 25 September-17 Desember 2024 dengan menggunakan empat elemen framing Robert N. Entman yaitu aspek Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Penelitian ini menggunakan model analisis framing untuk melihat pembingkaian berita berdasarkan model Robert N. Entman. Metode framing dari Robert N. Entman dipilih dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana AntaraNews.com membangun narasi dalam pemberitaan boikot produk pro-Israel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Paradigma ini dipandang tepat karena menelaah bagaimana AntaraNews.com membingkai pemberitaan boikot produk pro-Israel yang memengaruhi cara publik memaknai peristiwa tersebut. Sedangkan pendekatan kualitatif, berupaya memahami makna yang terkandung dalam teks-teks pemberitaan terkait boikot produk pro-Israel di AntaraNews.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberitaannya mengenai boikot produk pro-Israel, AntaraNews.com melalui elemen framing (define problems) berusaha mengaitkan masalah sebagai penderitaan rakyat Palestina, ketidakpedulian tokoh publik, hingga dampak aksi boikot. AntaraNews.com memperkirakan masalah tersebut (diagnose causes) sebagai tindakan agresi Israel dengan dukungan negara-negara Barat, sikap acuh tokoh publik, dan keterlibatan perusahaan multinasional seperti AQUA dan Danone. AntaraNews.com juga membuat keputusan moral (make moral judgement) yaitu boikot diposisikan sebagai kewajiban moral sesuai dengan Fatwa MUI. Sementara itu, AntaraNews.com berusaha merekomendasikan solusi (treatment recommendation) dengan mengkampanyekan kesadaran global, upaya diplomasi internasional, konsolidasi organisasi masyarakat Islam, penghentian impor produk dari Israel, mendorong masyarakat untuk mengonsumsi produk lokal, dan kewaspadaan terhadap praktik “Palestina Washing”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Framing, Analisis Framing; Boikot Produk Pro-Israel; AntaraNews.com; Robert N. Entman |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Rizkia Salsabila Krisari |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |