Pengaruh Book Value per Share (BVS), Price to Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016

Hasanah, Siti Nur Dini (2018) Pengaruh Book Value per Share (BVS), Price to Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Sektor industri barang konsumsi merupakan sektor yang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dibarengi dengan meningkatnya pendapatan masyarakat, tingkat konsumsi dan gaya hidup. Tidaklah mengherankan sektor ini menjadi tujuan investor untuk menanamkan saham. Keputusan membeli saham pada kewajaran harga saham dapat dilakukan dengan menggunakan analisis fundamental yaitu Book Value Per Share (BVS), Price To Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh Book Value per Share (BVS), Price to Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data dilakukan secara statistik, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, asumsi klasik, regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F, korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Book Value per Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dengan hasil thitung sebesar 8,205 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, variabel Price to Book Value berpengaruh positif dan signifikan terhdap harga saham dengan hasil thitung sebesar 9,379 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, sedangkan variabel Price Earning Ratio dengan hasil thitung sebesar 0,446 dan tingkat signifikansi sebesar 0,660 yang menunjukkan hasil bahwa Price Earning Ratio tidak berpengaruh terhadap harga saham. Secara simultan Book Value Per Share (BVS), Price To Book Value (PBV), dan Price Earning Ratio (PER) bepengaruh signifikan terhadap harga saham yang memiliki pengaruh sebesar 85,5% dan sisanya 14,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti diantaranya rasio keuangan lainnya yang dapat mempengaruhi harga saham, faktor ekternal perusahaan seperti kondisi kesehatan ekonomi perusahaan, nasional maupun global.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham; Book Value per Share (BVS); Price to Book Value (PBV); Price Earning Ratio (PER)
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Nur Dini Hasanah
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:37
Last Modified: 02 Aug 2018 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item