Juru dakwah sebagai selebritas

Suroso, Andri and Rais, Annisa Nafisah and Safeí, Agus Ahmad (2018) Juru dakwah sebagai selebritas. Program Pascasarjana, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Andri-NASKAH-LENGKAP.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi modern telah mengubah banyak hal dalam kehidupan sosial saat ini, tidak terkecuali kehidupan keagamaan publik. Munculnya da'i-selebriti adalah konsekuensi dari dominasi media informasi yang kuat. Zaman kuno sudah lewat, saatnya mensyiarkan dengan konsep kekinian agar menarik masyarakat akan apa yang disugguhkan. Seorang dai yang bijaksana adalah orang yang mempelajari realitas, situasi masyarakat dan kepercayaan mereka serta menembpatkan mereka pada tempatnya masing-masing. Kemudian ia mengajak mereka berdasarkan kemampuan akal, pemahaman, tabiat, tingkatan keilmuan dan status sosial mereka. Seorang dai yang bijak, adalah yang mengetahui metode yang akan dipakainya untuk kepentingan agama bukan pragmatism semata. Kegiatan mengajak sesama umat pada ranah kebaikan senantiasa dilakukan karena itulah kewajiban kita saling mengingatkan. Berlombalomba dalam hal kebajikan, berusaha mencegah yang mungkar, menegakkan ajaran allah. Dakwah harus tetap eksis meski zaman berubah pada tatanan konteks. Oleh karena itu dakwah sebagai selebritas di era modern dan pengaruh kapitalisme dimna religiusitas menjadi bahan komersialisasi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Da’i selebritas, Modernisasi, media massa, komersialisasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dr. H. Agus Ahmad Safei
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:02
Last Modified: 18 Jan 2021 05:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item