Mutakiah, Silmi (2025) Peran sekolah dalam menciptakan sikap moderasi beragama: Studi kasus di MTs Negeri 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (283kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) | Request a copy |
Abstract
Moderasi beragama merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan beragama di tengah keragaman keyakinan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sekolah dalam menciptakan sikap moderasi beragama, dengan studi kasus di MTsN 1 Bandung. Penelitian ini mengguanakan jenis penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data bersifat studi kasus, bertujuan untuk memahami bagaimana proses moderasi beragama di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi agama. Sumber data diperoleh dari 10 informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai kerangka teori, penelitian ini menggunakan teori AGIL Talcott Parsons, menunjukkan adanya kesesuaian antara teori dan temuan di lapangan yang terlihat dalam 4 Fungsi, yaitu Adaption, Goal Achievement, Integration, Latency. Dari ke empat fungsi tersebut, ke empat fungsi tersebut menunjukkan kesesuaian antara teori dan realitas di lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsN 1 Bandung telah mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama secara sistematis dan terstruktur. Analisis menggunakan teori AGIL. Talcott Parsons mengungkapkan bahwa fungsi adaptasi tercermin dari upaya sekolah menyesuaikan diri dengan keberagaman melalui strategi inklusif dan dukungan guru. Fungsi pencapaian tujuan terlihat dari keberhasilan sekolah dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki sikap toleran dan adil. Fungsi integrasi tampak dalam kegiatan seperti pesantren kilat, bakti sosial, dan ekstrakurikuler yang mempererat hubungan sosial antar siswa lintas latar belakang. Fungsi pemeliharaan nilai diwujudkan melalui kegiatan keagamaan rutin, keteladanan guru, dan pelestarian budaya lokal seperti pengenalan kebudayaan Sunda. Selain itu, sekolah juga berhasil menerapkan empat indikator moderasi beragama, yakni komitmen kebangsaan, anti kekerasan, sikap toleransi, dan penghargaan terhadap budaya lokal, Meski demikian, tantangan tetap ada, seperti kurangnya kerja sama dari beberapa siswa dan kendala teknis dalam pelaksanaan program. Kesimpulannya, MTsN I Bandung mampu menjadi miniatur masyarakat yang menanamkan nilai-nilai moderasi secara fungsional, kontekstual, dan berkesinambungan dalam kehidupan sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi beragama; Sikap; Siswa |
Subjects: | Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama |
Depositing User: | silmi mutakiah |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |