Nurilhami, Risma (2025) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan Wolfram Alpha untuk meningkatkan kemampuan berpikir Aljabar dan persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Pernyataan Keaslian (2).pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (949kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI_1212050151_Risma Nurilhami-.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran penelitian (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dan kegigihan (persistence) siswa melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wolfram Alpha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan model PBL berbantuan Wolfram Alpha, menganalisis perbedaan peningkatan serta pencapaian kemampuan berpikir aljabar siswa antara kelas eksperimen dan kelas konvensional, serta mengidentifikasi tingkat persistence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur kemampuan berpikir aljabar dan nontes untuk mengukur persistence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan Wolfram Alpha terlaksana dengan baik, terdapat perbedaan signifikan pada peningkatan serta pencapaian kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang menggunakan PBL berbantuan Wolfram Alpha dengan pembelajaran konvensional, dan persistence siswa tergolong tinggi. Implikasi penelitian ini menegaskan perlunya pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk mendukung peningkatan kemampuan berpikir aljabar dan kegigihan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | tidak ada lampiran |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Wolfram Alpha; Kemampuan Berpikir Aljabar; Persistence Siswa. |
Subjects: | Algebra Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Risma Risma Nurilhami |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |