Awaludin, Rizki (2025) Pengaruh fitur Shopee PayLater, diskon dan Live Streaming Shopee terhadap perilaku Impulsive Buying pada pengguna platform Shopee di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
3_keterangan bebas plagiarisme.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (589kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi digital telah mengubah perilaku belanja konsumen, khususnya melalui platform e-commerce seperti Shopee. Fitur seperti Shopee PayLater, diskon, dan live streaming menjadi strategi pemasaran yang mendorong pembelian spontan. Survei Populix (2023) mencatat bahwa Shopee PayLater merupakan layanan PayLater paling dominan, digunakan oleh 77% pengguna. Selain itu, diskon besar seperti promo 9.9 dan potongan harga hari raya, serta fitur live streaming interaktif, turut memperkuat kecenderungan impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh secara parsial maupun simultan dari Shopee PayLater (X1), diskon (X2), dan live streaming (X3) terhadap impulsive buying (Y) pada pengguna Shopee di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengidentifikasi variabel mana yang paling dominan dalam memengaruhi perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS. Uji dilakukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel secara parsial dan simultan terhadap impulsive buying. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa Shopee PayLater berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 5,241 dan signifikansi 0,001. Diskon juga berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 3,353 dan signifikansi 0,001. Sedangkan Live streaming tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 1,950 dan signifikansi 0,054. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan dengan nilai F hitung sebesar 218,948 dan signifikansi 0,000 dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,872 atau 87,2% . Temuan mendukung menegaskan pentingnya strategi berbasis kredit dan diskon untuk mendorong pembelian impulsif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shopee PayLater; Diskon; Live Streaming; Impulsive Buying |
Subjects: | General Management General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Rizki Awaludin |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121672 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |