Konseling Islam melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani siswa yang berlatar belakang keluarga Broken Home di SMK Nuurul Muttaqiin Garut

Munawar, Abdul Ropi Titansyah (2025) Konseling Islam melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani siswa yang berlatar belakang keluarga Broken Home di SMK Nuurul Muttaqiin Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
__cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
__Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
_Cek Plagiarism.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
__Daftar Isi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
__BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
__BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
__BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
__BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
__Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
__Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena Broken Home akibat perceraian orang tua merupakan persoalan yang berdampak besar terhadap kondisi psikologis dan perilaku siswa, terutama pada masa remaja. Siswa yang berasal dari keluarga Broken Home cenderung mengalami gangguan emosional, rendah diri, pemikiran irasional, serta penarikan diri dari lingkungan sosial. Dalam konteks pendidikan, hal ini dapat mengganggu proses pembelajaran dan interaksi sosial siswa di sekolah. SMK Nuurul Muttaqiin Cisurupan menjadi salah satu lembaga pendidikan yang menghadapi fenomena tersebut dan berupaya memberikan pendampingan melalui layanan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik siswa Broken Home di SMK Nuurul Muttaqiin; (2) Menganalisis implementasi Konseling Islam melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani permasalahan siswa; dan (3) Mendeskripsikan hasil pelaksanaan konseling terhadap perubahan kondisi psikologis siswa setelah dilakukan intervensi. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan teori Konseling Islam yang berfokus pada pembinaan akhlak dan spiritualitas peserta didik, serta teori Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dari Albert Ellis yang menekankan pada pentingnya mengubah pola pikir irasional menjadi rasional sebagai langkah membentuk perilaku yang lebih sehat secara emosional.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru bimbingan konseling serta siswa yang menjadi subjek penelitian. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Broken Home di SMK Nuurul Muttaqiin mengalami berbagai dampak psikologis, seperti pemikiran irasional, rendah diri, dan kesulitan bersosialisasi. Konselor menerapkan pendekatan Konseling Islam yang dipadukan dengan REBT secara efektif untuk membantu siswa menyadari pola piker negatif, membentuk cara pandang yang lebih rasional, serta meningkatkan kemampuan regulasi emosi. Setelah intervensi dilakukan, siswa menunjukkan perkembangan positif dalam hal kepercayaan diri, keterbukaan sosial, dan kestabilan emosional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam; Rational Emotive Behavior Therapy (REBT); Siswa Broken Home
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: 1 abdul ropi/ropi titansyah
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:24
Last Modified: 24 Sep 2025 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121822

Actions (login required)

View Item View Item