Nurusman, Pramudya Putra Adhitya (2025) Penerapan Project Based Learning berdiferensiasi VAK Learning Style Teamwork untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Kinematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (487kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran PjBL berdiferensiasi VAK Learning Style Teamwork di kelas eksperimen dan model PBL di kelas kontrol pada materi kinematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (percobaan semu) dengan jumlah sampel 36 orang untuk kelas eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol dengan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas 11 SMAN Jatinangor, dengan sampel dua kelas yakni: 11.7 sebagai kelas eksperimen dan 11.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi Lembar Observasi (LO) dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran melalui LO di kelas eksperimen sebesar 87,56% dengan interpretasi sangat baik, pada kelas kontrol sebesar 82,38% dengan interpretasi sangat baik. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan interpretasi tinggi dan kelas kontrol 0,62 dengan interpretasi sedang. Uji hipotesis dengan independent sample t-test menghasilkan 0,001 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya, terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan pemecahan masalah antara model PjBL berdiferensiasi dan PBL, dengan PjBL lebih efektif berdasarkan nilai keterlaksanaan pembelajaran. Implikasi pembelajaran menggunakan model PjBL berdiferensiasi yaitu terpenuhinya kebutuhan belajar berdasarkan prinsip diferensiasi dengan melihat gaya belajar mereka serta mengkolaborasikan peserta didik untuk menciptakan suatu proyek berdasarkan hasil belajar dalam kelompoknya. Pembelajaran lebih aktif karena peserta didik memiliki profil gaya belajarnya masing-masing untuk belajar baik individu maupun kelompok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Problem Based Learning; Berdiferensiasi; Visual Auditory Kinesthetic Learning Style; Keterampilan Pemecahan Masalah; Kinematika; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Pramudya Putra Adhitya Nurusman |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:25 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |