Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan konteks isu sosiosaintifik pada topik mikroplastik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Maryam, Neneng (2025) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan konteks isu sosiosaintifik pada topik mikroplastik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dan menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan konteks isu sosiosaintifik mengangkat topik mikroplastik pada materi kimia hijau. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah satu kelas X di salah satu MAN di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan berupa soal tes berdasarkan indikator berpikir kritis, LKPD, lembar aktivitas peserta didik dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas peserta didik terlaksana dengan kategori baik sekali, rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 84,7 dan rata-rata perolehan nilai LKPD sebesar 83,7. Kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan efektifitas tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,80 dan rata-rata N-Gain berdasarkan indikator berpikir kritis sebesar 0,75. Peningkatan N-Gain tertinggi diperoleh pada indikator membangun keterampilan dasar, yakni sebesar 0,80 kategori tinggi. Sedangkan nilai N-Gain terendah pada indikator merencanakan strategi dan taktik sebesar 0,65 kategori sedang. Hasil uji Wilcoxon pada penelitian ini menunjukan nilai signifikansi < 0,001 artinya (2-tailed) < 0,05. Maka disimpulkan bahwa hipotesis nol (H₀) ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan berbasis masalah dengan konteks isu sosiosaintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; isu sosiosaintifik; pembelajaran berbasis masalah; topik mikroplastik
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Neneng Maryam Maryam
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:11
Last Modified: 26 Sep 2025 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122081

Actions (login required)

View Item View Item