Sintiawati, Ineu (2013) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada sub materi alat indera: Penelitian pada siswa kelas XI MA Al-Jawami Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari sebuah pemikiran bahwa salah satu komponen yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah guru. Kompetensi guru dalam memilih model pembelajaran yang akan digunakan memiliki potensi yang kuat dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi di MA Al-Jawami Bandung, diperoleh informasi bahwa model pembelajaran NHT belum pernah digunakan dalam mata pelajaran biologi, khususnya pada sub materi alat Indera yang merupakan salah satu pembahasan dalam sistem regulasi manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada sub materi alat indera. Metode penelitiannya adalah Quasi-Experiment. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Bandung. Populasinya dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar obeservasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 47,75, posttest sebesar 76,50, dan N-Gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 47,50, posttest sebesar 69,75, dan N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Hasil uji wilcoxon pada N-Gain kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Zhitung 3,36 > Ztabel 1,65 pada taraf signifikansi 5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa dinyatakan signifikan dan hipotesis diterima. Secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT telah terlaksana 99%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT; Hasil Belajar; Siswa Alat Indera; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Human Anatomy, Cytology, Histology > Nervous System, Sense Organs Anatomy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |