Evaluasi kebijakan pembelajaran jarak jauh: Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kabupaten Garut-Jawa Barat

Rusdiana, A. and Nasihudin, Nasihudin (2024) Evaluasi kebijakan pembelajaran jarak jauh: Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kabupaten Garut-Jawa Barat. Project Report. Pusat Penelitian Dan Penerbitan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEBIJAKAN)
Lap Bab I-III-IV-V Pnelitian Evaluasi Kebijakan 2024.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAKI_Penelitian)
09-Ser_penelitian_Haki Penel 2021.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pandemi Covid-19 telah berdampak di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan. Selama masa pandemi, kebijakan pembelajaran tatap muka di kelas ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Karena itu, agar kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat diimplentasikan secara efektif, diperlukan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan dan Peserta Didik dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta Pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dari 10 PTKIS Kabupaten Garut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dari 10 PTKIS Kabupaten Garut tersebut sudah baik, namun bila ditinjau dari beberapa aspek model CIPP di 10 PTKIS ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dengan metode-metode kegiatan pembelajaran jarak jauh juga pembaruan dari beberapa aspeknya terutama aspek input dan aspek proses. Agar hasil capaian Pembelajaran pada PTKIS dapat memiliki potensi serta mengembangkannya melalui program-program yang dibuat pada lembaga pendidikan tersebut. Adapun proses kegiatan belajar mengajar jarak jauh, bagi tenaga pendidik khususnya untuk lebih meningkatkan kompetensi diri agar lebih berkualitas dan dapat melaksanakan program-program yang direnca-nakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kontribusi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam pembelajaran jarak jauh. Keter-batasan penelitian ini belum menggunakan keseluruhan lembaga pendidikan Tinggi di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan Context; Input; Process
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. A. Rusdiana
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:19
Last Modified: 06 Oct 2025 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122100

Actions (login required)

View Item View Item