Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Dan Keadilan Interaksional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupataen Subang

Wulandari, Rizka Fadilah (2018) Pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural, Dan Keadilan Interaksional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupataen Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari suatu fenomena masih rendahnya kepuasan kerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Hal tersebut terlihat dari beberapa permasalahan yang ada seperti adanya gap gaji yang diterima pegawai dibandingkan dengan beban pekerjaan, tidak adanya penghargaan atas prestasi pegawai, serta pegawai merasa diperlakukan tidak adil oleh organisasi dalam hubungan pertukaran social. Hal tersebut berakibat pada sulit tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Rendahnya tingkat kepuasan kerja pegawai diduga dipengaruhi oleh keadilan distributif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural dan Keadilan Interaksional secara simultan terhadap Kepuasan Kerja pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sample Random Sampling dengan jumlah sampel 65 responden. Keadilan Ditributif merupakan variabel (X1), Keadilan Prosedural merupakan variabel (X2) Keadilan Interaksional merupakan variabel (X3) dan Kepuasan Kerja merupakan variabel (Y). Teknik pengolahan data menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, Analisis Korelasi, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Hasil pengolahan Pengujian Hipotesis dengan (Uji t dan Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa Keadilan Distributif berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, dengan nilai thitung > ttabel (2,129 > 1,6702) dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (sig < 0,05). Keadilan Prosedural berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, dengan nilai thitung > ttabel (2,857 > 1,6702) dan nilai signifikansi sebesar 0,006 (sig < 0,05). Dan Keadilan Interaksional berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, dengan nilai thitung > ttabel (2,465 > 1,6702) dan nilai signifikansi sebesar 0,017 ( Sig < 0,05). Kemudian Variabel Keadilan Distributif, Keadilan Prosedural dan Keadilan Interaksional berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan kerja Pegawai, dengan nilai Fhitung > Ftabel (18,177 > 2,75) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0,05). Nilai koefisien determinasi atau R square (R2) yang diperoleh dari pengolahan data untuk pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang secara simultan adalah sebesar 0,472, ini menunjukan persentase sumbangan pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 47,2%, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KeadilanDistributif; Keadilan Prosedural; Keadilan Interaksional dan Kepuasan Kerja.
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: rizka RFW wulandari
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:02
Last Modified: 27 Aug 2018 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item