Penerapan media mozaik untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun Bandung

Salsabilah, Anisa Nur (2025) Penerapan media mozaik untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kreativitas siswa dalam mata pelajaran SBdP, yang dibuktikan dengan nilai harian dari total 50 siswa kelas IV di SD Negeri 082 Muararajeun Bandung, banyak siswa dari seluruh kelas mendapatkan nilai dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya: 1) Kreativitas siswa di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun yang menerapkan media mozaik 2) Kreativitas siswa di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun yang menerapkan media menggambar 3) Perbedaan kreativitas siswa di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun yang menggunakan media mozaik dan menggambar. Hipotesis yang dirumuskan adalah H0: tidak terdapat perbedaan kreativitas siswa di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun pada mata pelajaran SBdP yang menggunakan media mozaik dan menggunakan media menggambar dan H1: terdapat perbedaan kreativitas siswa di kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun pada mata pelajaran SBdP yang menggunakan media mozaik dan yang menggunakan media menggambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen serta desain non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 082 Muararajeun Bandung. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dari hasil posttest, menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 87 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 74,75, kemudian dilakukan uji normalitas, uji N-gain dan Mann-Whitney. Peningkatan kreativitas siswa baik yang menggunakan media mozaik dan menggambar dapat dilihat dari perolehan nilai N-gain. Nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,5829 dengan kategori cukup efektif dan N-gain score pada kelas kontrol sebesar 0,2663 dengan kategori kurang efektif. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal sehingga selanjutnya dilakukan uji statistik non parametrik Mann-Whitney yang menunjukkan hasil Z -5.618 dengan asymp.sig. (2-tailed) sebesar <0,001, dan taraf signifikansinya 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan asymp.sig. (2-tailed) <0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan peningkatan kreativitas siswa yang menggunakan media mozaik dan yang menggunakan media menggambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kreativitas siswa; media mozaik; media menggambar; SBdP;
Subjects: Ceramics Arts > Mosaics Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisa Nur Salsabilah
Date Deposited: 27 Sep 2025 06:39
Last Modified: 27 Sep 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122214

Actions (login required)

View Item View Item