Dakwah Melalui Instagram: Studi Deskriptif Dakwah Kitabah Dalam Quote Instagram @tausiyahku_ Periode Bulan Oktober 2017

Aviaty, Ikmalia Nur (2018) Dakwah Melalui Instagram: Studi Deskriptif Dakwah Kitabah Dalam Quote Instagram @tausiyahku_ Periode Bulan Oktober 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah membutuhkan media lain agar berlangsung dengan efektif. Salah satunya yaitu menjadikan media sosial sebagai media dakwah. Seperti yang dilakukan oleh Tim Penulis quote, mereka memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media untuk melakukan dakwah, dengan membuat akun bernama @tausiyahku_ yang memuat pesan keagamaan dalam bentuk gambar dan tulisan/quote. Didalam pesan tersebut terkandung ajaran Islam seperti penyampaian pesan akhlaq, aqidah, dan syariah yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadits, Pendapat para ulama dan Hasil karya sastra dari tim pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang dakwah kitabah melalui media sosial Instagram. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi pesan dakwah, kategori pesan dakwah pada akun @tausiyahku_, dan interaksi pemilik akun Instagram dengan Followers. Penelitian ini didasarkan pada teori pesan dakwah. Pada pesan dakwah di media sosial ini memerlukan teori lain yang berhubungan dengan teknologi, yaitu teori Konstruksi Sosial Media Massa, yang dikemukakan oleh Peter L. Berger dan Luckman. Dalam konstruksi sosial media massa ada beberapa tahapan. Yaitu, tahap menyiapkan materi konstuksi, tahap sebaran konstruksi, tahap pembentukan konstruksi dan tahap konfirmasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi serta melakukan wawancara. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive, yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konstruksi pesan dakwah pada akun @tausiyahku_. Pesan dakwah yang disiapkan berasal dari pengelola akun, dan disebarkan secara merata di media sosial dan buku. Kategori pesan dakwah aqidah berjumlah 13 quote, membahas mengenai keimanan kepada Allah, dan iman kepada qodo dan qodar Allah. Pesan dakwah syariah dengan jumlah 9 quote, membahas mengenai hubungan antara manusia dengan Tuhan dalam hal beribadah kepada Allah. Pesan dakwah akhlaq dengan jumlah 28 quote, membahas mengenai akhlaq yang baik kepada sesama manusia.Interaksi antara pengelola akun @tauisyahku_ dan followers, terjadi dengan adanya like dan commentyang jumlahnya beragam.Followers memberikan tanggapan terhadap pesan dakwah yang diunggah, kebanyakan memberikan komentar berupa kalimat setuju akan pesan dakwah yang diunggah akun @tausiyahku_. Seperti kata InsyaAllah, Subhanallah, MasyaAllah,Aamiin dan Alhamdulillah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Kitabah; Instagram; Akun Official
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ikmalia ikma ikmalia
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:52
Last Modified: 03 Aug 2018 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item