Pengembangan e-modul Problem Based Learning with Heyzine (Probazine) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi

Farhani, Yusri Amalia (2025) Pengembangan e-modul Problem Based Learning with Heyzine (Probazine) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi (16).pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul Problem Based Learning with Heyzine (Probazine) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap implementasi menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest dan subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI dengan sampel berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sangat layak dengan koefisien validitas Gregory sebesar 1 oleh ahli materi, media, dan guru. Keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat efektif dengan rata-rata keseluruhan 88%. Peningkatan kemampuan kognitif dianalisis menggunakan N-Gain dan memperoleh skor rata-rata 0,61 yang termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Respon peserta didik terhadap e-modul berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 86%. Dengan demikian, e-modul Probazine dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, terutama pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Problem Based Learning (PBL); Heyzine; kemampuan kognitif; gelombang bunyi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusri Amalia Farhani
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:02
Last Modified: 29 Sep 2025 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122283

Actions (login required)

View Item View Item