Farhani, Yusri Amalia (2025) Pengembangan e-modul Problem Based Learning with Heyzine (Probazine) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi (16).pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul Problem Based Learning with Heyzine (Probazine) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap implementasi menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan tipe one group pretest-posttest dan subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI dengan sampel berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul sangat layak dengan koefisien validitas Gregory sebesar 1 oleh ahli materi, media, dan guru. Keterlaksanaan pembelajaran tergolong sangat efektif dengan rata-rata keseluruhan 88%. Peningkatan kemampuan kognitif dianalisis menggunakan N-Gain dan memperoleh skor rata-rata 0,61 yang termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Respon peserta didik terhadap e-modul berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 86%. Dengan demikian, e-modul Probazine dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran fisika berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, terutama pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Problem Based Learning (PBL); Heyzine; kemampuan kognitif; gelombang bunyi |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yusri Amalia Farhani |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:02 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |