Bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Falah Jl. Percobaan No.2 Kp. Cikalang RT 04 / RW 12 Desa. Cileunyi Kulon Kec.Cileunyi Kab.Bandung

Nurbayanti, Puput Putri (2018) Bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Falah Jl. Percobaan No.2 Kp. Cikalang RT 04 / RW 12 Desa. Cileunyi Kulon Kec.Cileunyi Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Bimbingan Agama Islam merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Falah guna untuk mengarahkan atau membimbing agar santri dapat mengembangkan potensi atau fitrah beragama yang dimiliki secara optimal sesuai tuntunan Al-Quran dan Sunnah. Karena pada dasarnya Pondok Pesantren Miftahul Falah dijadikan tumpuhan dan harapan untuk mendalami ilmu agama sehingga dapat menumbuhkan motivasi beribadah. Adapun santri yang masuk pondok pesantren dilatarbelakangi dengan berbagai alasan diantaranya santri kurang memahami ilmu agama, lebih efektif dalam penggunaan waktu, merasa diri kurang istiqomah dalam melakukan beribadah, ingin menjaga diri dari pergaulan bebas dari dunia luar sehingga dalam proses bimbingan agamanya harus berkesinambungan agar santri semangat dalam belajar agamanya dan menumbuhkan motivasi beribadahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran Aunur Rahim Faqih bahwa bimbingan keagamaan merupakan proses pemberian bantuan kepada individu ataupun kelompok agar kehidupan keagamaanya selaras dengan petunjuk Allah sehingga mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif yaitu penulis bermaksud mengungkapkan proses bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan pembimbing dan terbimbing serta studi kepustakaan. Analisis datanya lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah yaitu melalui metode ceramah, diskusi/Tanya jawab, dan sorogan/bandungan dengan bimbingan kelompok dan bimbingan individual. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan untuk menumbuhkan motivasi beribadah di kalangan santri di Pondok Pesantren Miftahul Falah santri mulai mengalami perubahan secara bertahap mulai baik dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di pondok pesantren santri tumbuh dengan motivasi keinginan belajar tentang agama lebih dalam, sehingga kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren menjadi sebuah kebutuhan bukan kewajiban lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Motivasi Beribadah; Santri
Subjects: Creation of God
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puput Putri Nurbayanti
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:37
Last Modified: 03 Aug 2018 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item