Lutfiyanto, Ilyasa Nur (2025) Nilai-nilai Moderasi beragama pada buku ajar mata pelajaran akidah akhlak kelas XII semester ganji di Madrasah Aliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01 Cover.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
04 Daftar Isi.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
05 Bab 1.pdf Download (645kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
06 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
07 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
08 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
09 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII semester ganjil di Madrasah Aliyah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh tantangan keberagaman masyarakat Indonesia yang majemuk, di mana isu intoleransi,radikalisme, dan ekstremisme masih terjadi. Buku ajar sebagai salah satu sumber pembelajaran memiliki peran strategis dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik, sehingga diharapkan mampu membentuk sikap moderat dan toleran. Penelitian ini mengacu pada sembilan nilai moderasi beragama yang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI, yaitu tawassuth, i’tidal, tasamuh, syura, ishlah, qudwah, muwathanah, al-la’unf, dan i’tiraf al-‘urf. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar Akidah Akhlak kelas XII semester ganjil, (2) mengkaji tujuan pembelajaran yang terkandung dalam buku ajar terkait penguatan sikap moderat peserta didik, serta (3) menganalisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari analisis isi (content analysis) terhadap buku ajar Akidah Akhlak kelas XII terbitan Kementerian Agama RI, serta diperkuat oleh kajian literatur dari berbagai sumber relevan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan keberadaan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar tersebut dan menilai sejauh mana materi dapat menjadi sarana penguatan sikap moderat bagi siswa Madrasah Aliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar nilai moderasi beragama telah terintegrasi dalam materi pembelajaran. Nilai tawassuth, i’tidal, dan tasamuh memiliki proporsi dominan dalam isi buku, sedangkan nilai ishlah dan i’tiraf al-‘urf masih ditemukan dalam porsi yang lebih kecil. Meski demikian, secara keseluruhan buku ajar ini memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter moderat peserta didik, meskipun masih diperlukan penguatan pada nilai-nilai tertentu agar penyajiannya lebih berimbang. Dengan demikian, buku ajar Akidah Akhlak kelas XII semester ganjil terbitan Kementerian Agama RI dapat menjadi salah satu instrumen pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pengembang kurikulum dan penyusun buku ajar agar materi pembelajaran lebih optimal dalam mendukung visi pendidikan Islam moderat yang sesuai dengan konteks kebhinekaan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama; Buku Ajar; Akidah Akhlak; Madrasah Aliyah, Nilai Moderasi |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ilyasa Nur Lutfiyanto |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |