Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi energi baru terbarukan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik

Rasyid, Reginald (2025) Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi energi baru terbarukan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA, serta minimnya bahan ajar yang kontekstual dan berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan literasi sains peserta didik pada materi Energi Baru Terbarukan di kelas X MIPA 6 SMA Al Ma’soem Jatinangor dengan jumlah sampel sebanyak 24 orang. E-modul dikembangkan dalam bentuk platform Flipbook digital yang dapat diakses secara daring oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan, serta tes literasi sains sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Validasi oleh ahli media, materi, dan praktisi pembelajaran menunjukkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 92,6% (sangat layak). Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai skor rata-rata 78,29% (baik), dan peserta didik 80,15% (baik). Peningkatan literasi sains peserta didik diukur melalui tes pretest dan posttest, dianalisis menggunakan rumus N-Gain, menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,51 (sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan paired t-Test menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti terdapat peningkatan antara skor literasi sains sebelum dan sesudah penggunaan e-modul berbasis PBL pada materi Energi Baru Terbarukan. E-modul hasil pengembangan ini terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul; problem based learning; literasi sains; energi baru terbarukan; flipbook
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Education > General Publications of Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Reginald Rasyid
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:59
Last Modified: 01 Oct 2025 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122488

Actions (login required)

View Item View Item