Rasyid, Reginald (2025) Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi energi baru terbarukan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (227kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Download (105kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA, serta minimnya bahan ajar yang kontekstual dan berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan literasi sains peserta didik pada materi Energi Baru Terbarukan di kelas X MIPA 6 SMA Al Ma’soem Jatinangor dengan jumlah sampel sebanyak 24 orang. E-modul dikembangkan dalam bentuk platform Flipbook digital yang dapat diakses secara daring oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan, serta tes literasi sains sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Validasi oleh ahli media, materi, dan praktisi pembelajaran menunjukkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 92,6% (sangat layak). Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai skor rata-rata 78,29% (baik), dan peserta didik 80,15% (baik). Peningkatan literasi sains peserta didik diukur melalui tes pretest dan posttest, dianalisis menggunakan rumus N-Gain, menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 0,51 (sedang). Hasil uji hipotesis menggunakan paired t-Test menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti terdapat peningkatan antara skor literasi sains sebelum dan sesudah penggunaan e-modul berbasis PBL pada materi Energi Baru Terbarukan. E-modul hasil pengembangan ini terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul; problem based learning; literasi sains; energi baru terbarukan; flipbook |
Subjects: | Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment Education > General Publications of Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Reginald Rasyid |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |