Keefektifan Metode Tilawati untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran: Penelitian di SD Istiqamah Kota Bandung

Wahdani, Iqbal Fauzi (2017) Keefektifan Metode Tilawati untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran: Penelitian di SD Istiqamah Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu pembelajaran Alquran di SD Istiqamah Kota Bandung belum sepenuhnya optimal dan maksimal, pembelajaran Alquran dirasa sulit dan membosankan serta metode yang ada memakan waktu yang relatif lama untuk dapat mencapai target pembelajaran Alquran. Keadaan tersebut tentunya berdampak pada nilai kognitif yang diperoleh siswa sangat kurang memuaskan terutama dalam mata pelajaran Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam, sehingga siswa cenderung malas, bosan, dan tidak ada usaha yang mereka lakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi awal kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran sebelum mendapatkan pembelajaran dengan metode Tilawati (2) Kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode Tilawati (3) Perbedaan peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran di kelas eksperimen dan kelas kontrol (4) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan metode Tilawati dalam pembelajaran Alquran (5) Respon guru dan siswa terhadap metode Tilawati dalam pembelajaran Alquran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian dimulai sejak bulan Nopember 2017 dengan populasi siswa Kelas IV SD Istiqamah Kota Bandung. Sampel yang diambil adalah siswa Kelas IV A dan IV B masingi-masing sebanyak 28 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, tes kemampuan membaca (pretest-posttest), wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan menggunakan metode Tilawati terbukti efektif karena mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran walaupun tidak terlalu maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai pretest kedua kelompok berada pada katogori kurang. Sedangkan setelah diadakan pembelajaran dengan metode Tilawati untuk kelompok eksperimen dan tanpa menggunakan metode Tilawati atau menggunakan metode Iqra untuk kelompok kontrol, kelompok eksperimen mendapatkan nilai dengan kategori cukup tinggi dan kelompok kontrol mendapatkan nilai dengan kategori sedang. Kemudian nilai keefektifan penggunaan metode Tilawati dengan metode Iqra dapat dilihat dari peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran Alquran pada kedua kelompok. Pada kelompok eksperimen yang menggunakan metode Tilawati mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 1.85 dan posttest sebesar 3.14, rata-rata peningkatan (posttest-pretest) sebesar 1.29 dan termasuk pada kategori peningkatan cukup tinggi. Sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan metode Iqra mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 1.50 dan posttest sebesar 2.35, rata-rata peningkatan (posttest-pretest) sebesar 0.85 dan termasuk dalam kategori sedang. Dari pemaparan di atas, maka jelaslah bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan metode Tilawati mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibanding dengan tanpa menggunakakan metode Tilawati atau dengan menggunakan metode Iqra. Jadi, metode Tilawati lebih efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Alquran dibanding menggunakan metode Iqra. Oleh karena itu direkomendasikan untuk menggunakan metode Tilawati dalam pembelajaran Alquran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati; Kompetensi Siswa; Pembelajaran Al-qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Fauzi Wahdani
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:47
Last Modified: 12 Jan 2022 05:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item