Suroya, Maulida (2025) Pengaruh bimbingan keagaman terhadap peningkatan self-esteem santri : Penelitian di Pondok Pesantren Al Faqih 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.docx.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bimbingan keagamaan terhadap peningkatan self-esteem santri Pondok Pesantren Al – Faqih 2 Bandung. latar elakang penelitian ini peneliti menemukan tingkat self-esteem yang rendah pada sebagian santri akibat tekanan akademik, sosial, dan ekspektasi tinggi dari lingkungan pesantren maupun keluarga. Kondisi ini berpotensi menghambat perkembangan psikologis santri, khususnya dalam hal kepercayaan diri dan kemampuan bersosialisasi. Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Bandung dipilih sebagai lokasi penelitian karena memiliki karakteristik unik: sebagian santrinya menunjukkan self-esteem tinggi, namun terdapat juga yang mengalami self-esteem rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis pengaruh bimbingan keagamaan terhadap peningkatan self-esteem santri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat akademis bagi pengembangan ilmu bimbingan keagamaan, serta manfaat praktis bagi pelaksanaan program bimbingan yang dapat membantu santri mengatasi perasaan negatif dan membangun sikap positif terhadap diri sendiri. Landasan teoritis penelitian mengacu pada konsep religiusitas menurut Glock dan Stark yang meliputi lima dimensi: keyakinan, peribadatan, penghayatan, pengetahuan agama, serta konsekuensi perilaku. Sementara itu, konsep self-esteem mengacu pada teori Coopersmith yang mencakup empat aspek: kekuatan (power), keberartian (significance), kebajikan (virtue), dan kemampuan (competence). Kedua teori ini digunakan untuk membangun kerangka konseptual yang menjelaskan hubungan antara bimbingan keagamaan dan peningkatan self-esteem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one-shot case study. Sampel penelitian berjumlah 88 santri yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner skala bimbingan keagamaan dan skala self-esteem yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh bimbingan keagamaan terhadap self-esteem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan keagamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan self-esteem santri di Pondok Pesantren Al-Faqih 2 Bandung. Santri yang mengikuti bimbingan keagamaan secara rutin mengalami peningkatan dalam aspek kekuatan, keberartian, kebajikan, dan kemampuan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan keagamaan; self-esteem; santri; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Maulida mauli fatimah |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |