Nurafifah, Shalsabila (2025) Penerapan media diorama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran PPKn: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Matla’ul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Shalsabila Nurafifah, 1212090160, 2025. “Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V MI Matla’ul Atfal Kota Bandung)” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas V MI Matla’ul Atfal. Hal ini terlihat dari kurangnya keaktifan siswa saat belajar serta nilai rata-rata yang masih di bawah KKM, yaitu 55 di kelas VA dan 54 di kelas VB. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya media pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif. Salah satu media yang dipilih adalah diorama, karena bersifat nyata, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang menyukai pembelajaran visual dan berbasis pengalaman langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penerapan media diorama, mendeskripsikan proses pembelajaran PPKn dengan media diorama, membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penggunaan media diorama. Konsep atau teori yang mendasari dalam penelitian ini bahwa media diorama merupakan media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lembar, dan tebal. Adapun kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan memberikan berbagai kemungkinan jawaban berdasarkan informasi yang tersedia, dengan menekankan pada keberagaman serta kesesuain jawaban. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media diorama dan kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan media PowerPoint. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (Pretest dan Posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen (menggunakan media diorama) sebesar 56,45 dan kelas kontrol (menggunakan media PowerPoint) sebesar 54,85. Setelah pembelajaran, rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 77,65, sedangkan kelas kontrol menjadi 72,25. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas dengan nilai signifikansi (Sig. one-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga Hₐ diterima. Selain itu, perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,49 pada kelas eksperimen dan 0,38 pada kelas kontrol, yang keduanya termasuk kategori sedang. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas V MI Matla’ul Atfal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diorama; PPKn; Berpikir Kreatif; Media Pembelajaran |
Subjects: | Education Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Shalsabila Nurafifah |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |