Manajemen peningkatan kompetensi lulusan: Studi penelitian tentang program tilawah tahfidz Alquran di SDIT Luqmanul Hakim Kota Bandung

Fajriyah, Naila Zumrotul (2018) Manajemen peningkatan kompetensi lulusan: Studi penelitian tentang program tilawah tahfidz Alquran di SDIT Luqmanul Hakim Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Mutu pendidikan dipandang berkualitas jika mampu melahirkan keunggulan akademis dan ekstrakurikuler pada peserta didik yang dinyatakan lulus untuk satu jentang pendidikan atau menyelesaikan program pembelajaran tetentu. Supaya kompetensi lulusan memiliki keunggulan maka dibutuhkan manajemen peningkatan kompetensi lulusan meliputi kegiatan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar alamiah; perencanaan program tilawah tahfidz Alquran; pengorganisasian program tilawah tahfidz Alquran; pelaksanaan program tilawah tahfidz Alquran; pengawasan program tilawah tahfidz Alquran; faktor pendukung dan penghambat serta hasil dari program tilawah tahfidz Alquran SDIT Luqmanul Hakim Kota Bandung. Penelitian ini berdasar PP No 19 tahun 2005 standar kompetensi lulusan adalah “kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan digunakan sebagi pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan fenomena mengenai apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya tingkah laku, persepsi, motivasi, dan lainnya secara holistik dan dengan metode alamiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen peningkatan kompetensi lulusan program tilawah tahfidz Alquran di SDIT Luqmanul Hakim Kota Bandung terdiri dari perencanaan yang meliputi perencanaan program; penetapan target capaian, penetapan jadwal; aturan pembelajaran; RPP; tahapan pembelajaran; rencana penilaian dan evaluasi pembelajaran; serta rencana kenaikan jilid dan uji publik. Pengorganisasian program TTQ dipegang oleh koordinator TTQ yang menaungi 17 guru tilawah dan 38 guru tahfidz. Pelaksanaan program TTQ menggunakan metode Ummi yaitu pembelajaran dalam pembelajaran tersebut terdapat hafalan surat juz 30 dan juz 29. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah kepada koordinator TTQ, pengawasan oleh koordinator TTQ kepada pengajar TTQ, juga pengawasan koordinator TTQ kepada peserta didik. Faktor pendukung program TTQ yaitu pemahaman guru terhadap metode Ummi serta guru tegas dan disiplin ketika mengajar. Faktor penghambat program TTQ yaitu buku prestasi siswa yang sering hilang, banyak kegiatan sekolah di jam TTQ, serta belum ada kebijakan yang tegas. Keberhasilan yang diraih setelah pelaksanaan program tilawah tahfidz Alquran yaitu tidak semua peserta didik yang akan lulus hafal 2 juz Alquran, masih ada kelas 6 yang tidak lolos seleksi uji publik juz 29.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi lulusan; program tilawah tahfidz Alquran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Naila Zumrotul Fajriyah
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:42
Last Modified: 15 Aug 2018 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12254

Actions (login required)

View Item View Item