Agnia, Muhamad Rizki (2013) Perbandingan hasil belajar kognitif siswa antara model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Concept Mapping pada materi sistem ekskresi : Penelitian eksperimen di kelas XI MA Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
Abstract
Keberhasilan pencapaian hasil belajar kognitif suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta edukatif dalam penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan Concept Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. hasil belajar kognitif siswa dan proses efektivitas dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan Concept Mapping pada materi sistem ekskresi. Metode penelitiannya adalah Quasy Experimental Design dengan desain penelitian Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA MA Al-Jawami Cileunyi Bandung. Populasi dua kelas yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keterlaksanaan model POE pada aktivitas guru dan siswa rata-rata 98% sedangkan pada model Concept Mapping hasil proses keterlaksanaan aktivitas guru rata-rata 100% dan aktivitas siswa rata-rata 98%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 35,5, tes akhir sebesar 77, N-Gain sebesar 0,61, sedangkan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Concept Mapping diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 32,25, tes akhir sebesar 70,25, N-Gain sebesar 0,56. Hasil uji Wilcoxon pada N-Gain kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 diperoleh Zhitung 1,79 > Ztabel 1,65 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Concept Mapping pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Kognitif; Siswa; Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain); Concept Mapping; Sistem Ekskresi; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 06:43 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1226 |
Actions (login required)
View Item |