Bimbingan keagamaan melalui metode bi-al-hâl dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjamaah: Penelitian tentang bimbingan ibadah di Panti Asuhan Himatun Ayat Jl. Pandanwangi No.18 Rt. 04. Rw. 14. Ds. Cinunuk-Bandung

Yuliani, Wida Firdausah (2018) Bimbingan keagamaan melalui metode bi-al-hâl dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjamaah: Penelitian tentang bimbingan ibadah di Panti Asuhan Himatun Ayat Jl. Pandanwangi No.18 Rt. 04. Rw. 14. Ds. Cinunuk-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFRTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan keagamaan sangat penting untuk membantu individu menyelesaikan masalah rohaniyah.Banyak anak asuh yang sering meninggalkan shalat berjamaah. Yayasan Sosial Himatun Ayat kemudian mewajibkan untuk melaksanakan shalat fardu secara berjamaah. Karena selain diperintahkan oleh Allah, shalat berjamaah juga dapat mengajarkan kedisiplinan anak asuh. Maka dari itu, yayasan memberikan suatu bimbingan keagamaan untuk menanamkan rasa sadar kepada anak asuh dalam melaksanakan shalat berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi shalat berjamaah dalam proses bimbingan keagamaan, untuk mengetahui intensitas pelaksanaan shalat berjamaah dengan menggunakan bi-âl-hal, dan untuk mengetahui efektifitas metode bi-âl-hal dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjamaah anak asuh di Yayasan Sosial Himatun Ayat. Penelitian ini didasarkan pada kerangka bahwa bimbingan keagamaan dapat membantu individu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan keagamaan sehingga timbul dalam diri individu kesadaran dan penyerahan diri terhadap Allah SWT. dengan demikian perlu adanya pembimbing keagamaan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) urgensi shalat berjamaah mendorong pembimbing di Yayasan Sosial Himatun Ayat untuk mencari cara agar anak asuh selalu melaksanakan shalat fardu berjamaah; (2) intensitas pelaksanaan shalat berjamaah dipengaruhi oleh faktor internal (dari dalam diri individu) dan faktor eksternal (pengaruh pembimbing keagamaan); (3) efektifitas penggunaan metode bi-âl-hal didasarkan oleh unsur-unsur bimbingan yang terdiri dari pembimbing yang merupakan suri tauladan bagi anak asuh, terbimbing, metode dengan memberikan contoh secara langsung kepada anak asuh, materi mengenai pelajaran-pelajaran agama Islam, dan waktu dan tempat pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Metode Bi-Âl-Hal; Kesadaran Shalat Berjamaah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wida Firdausah Yuliani
Date Deposited: 16 Aug 2018 06:37
Last Modified: 16 Aug 2018 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item