Purnamasari, Wulan (2025) Hubungan kecerdasan spiritual terhadap regulasi emosi siswa dalam menghadapi ujian akhir pada siswa MAN 1 Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
BEBAS PLAGIASI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi (2).pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II DW.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III DW.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV DW1.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V DW.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DW.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DW.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
Abstract
Tekanan akademik menjelang ujian akhir seringkali memicu stres, kecemasan, dan ketidakstabilan emosi pada siswa. Dalam hal ini, kecerdasan spiritual dipandang sebagai potensi penting yang bisa membantu seseorang mengelola tekanan emosional secara positif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual terhadap regulasi emosi siswa dalam menghadapi ujian akhir. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Majalengka dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode field research. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XII yang berjumlah 331 orang. Sampel ditentukan sebanyak 120 siswa menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan instrumen yang dikembangkan berdasarkan teori Zohar dan Ian Marshall (2000) untuk variabel kecerdasan spiritual dan teori Gross (2003) untuk variabel regulasi emosi. Hasil penelitian menunjukan jika terdapat hubungan antara kecerdasan spiritual dan regulasi emosi yang menunjukan hasil signifikan, dengan nilai Sig. = 0,018 (<0,05) dan koefisien kolerasi 0,216, hubungan antara kecerdasan spiritual dan regulasi emosi menunjukan hasil signifikan, dengan nilai Sig. = 0,018 (p < 0,05). Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai R square = 0,047 menunjukan jika kecerdasan spiritual mempengaruhi mempengaruhi 4,7% variabilitas regulasi emosi, sedangkan 95,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan ini menunjukan jika semakin tinggi kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa, maka semakin baik juga kemampuan mereka dalam mengelola emosi saat menghadapi tekanan akademik seperti ujian akhir.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan spiritual; regulasi emosi; pendidikan; ujian akhir |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | wulan purnamasari sari |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:55 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |