Iskandar, Ahmad (2025) Tanggapan Siswa terhadap penerapan Metode Resitasi hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi menyembah Allah SWT sebagai ungkapan rasa syukur : Penelitian di Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3_SURAT PERNYATAAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
4_DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya siswa yang belum paham dengan materi yang disampaikan oleh guru yang dimana diantaranya itu metode belajar yang disampaikan kurang cocok, sebagai solusi untuk menigkatkan hasil belajar kognitif siswa maka digunakan metode yang aktif dan inovatif yaitu metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran resitasi, 2) Hasil belajar kognitif siswa 3) Hubungannya tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran resitasi dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini didasari oleh pentingnya metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam ranah kognitif. Metode resitasi diyakini dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode resitasi dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Bandung, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 40 siswa kelas XII IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tanggapan siswa terhadap metode resitasi berada pada kategori tinggi dengan nilai 3,95, 2) Hasil belajar kognitif siswa pun berada pada kategori tinggi dengan nilai 76. Berdasarkan hasil analisis korelasi, diketahui nilainya yaitu 0,762 termasuk kategori kuat yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara tanggapan siswa terhadap metode resitasi dengan hasil belajar kognitif mereka. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai thitung 19,796 yang artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y terbukti kebenarannya dimana hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan siswa, Metode resitasi, Hasil belajar kognitif, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Iska Ahmad Iskandar |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 03:57 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 01:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |