Penerapan media smart box untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS: Penelitian tindakan kelas di SDN Kencana Indah I Rancaekek

Kusumawati, Septia Dwi (2025) Penerapan media smart box untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS: Penelitian tindakan kelas di SDN Kencana Indah I Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_keteranganbebasplagiarisme.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Dari 30 siswa, hanya 3 siswa sudah mencapai KKTP, sementara 27 lainnya belum mencapai KKTP. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan media pembelajaran yang diterapkan belum sepenuhnya memberikan ruang dalam meciptakan ide-ide baru. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah media pembelajaran smart box. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penggunaan media smart box serta bagaimana proses penerapan media smart box pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Kencana Indah I. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap prasiklus memperoleh ketuntasan klasikal 23% dan nilai rata-rata sebesar 60. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan selama empat siklus yaitu aktivitas guru pada siklus I 64%, siklus II 79%, siklus III 86%, dan siklus IV 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 63%, siklus II 74%, siklus III 84%, dan siklus IV 96%. Ketuntasan klasikal pada siklus I 17% dengan rata rata 64. Kemudian siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 60% dengan rata-rata 76. Pada siklus III diperoleh ketuntasan klasikal 83% dengan rata-rata 77. Pada siklus IV diperoleh ketuntasan klasikal 90% dengan rata-rata 80. Dan seluruh siklus diperoleh ketuntasan klasikal 67% dengan nilai rata-rata 76. Berdasarkan hasil yang diperoleh, media pembelajarn smart box dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Smart Box; Kemampuan Berpikir Kreatif; IPAS
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Septia Dwi Kusumawati
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:27
Last Modified: 07 Oct 2025 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122901

Actions (login required)

View Item View Item