Analisis kebijakan pengelolaan terminal tipe A Cicaheum berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor 132 tahun 2015 di Kota Bandung

Sigit, Nurshabri (2018) Analisis kebijakan pengelolaan terminal tipe A Cicaheum berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor 132 tahun 2015 di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan Pengelolaan Terminal Tipe A Cicaheum Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkuatan Jalan merupakan kebijakan pengelolaan sebuah kawasan pelayanan terminal tipe A. Hal ini dalam pelaksanaannya menghadapi permasalahannya yang seharusnya dikelola oleh pemerintah pusat ternyata dilaksanakan oleh pemerintahan Kota Bandung secara hukum dalam administrasi negara bertentangan dan cacat dengan hukum dengan alasan pengelolaan terminal tipe A cicaheum tidak dikelola semestinya oleh pemerintahan pusat/kementrian dan Balai Pengelolaan Transportasi Darat. Kebijakan ini akan mengakibatkan tata kelolanya menjadi tidak tepat sasaran, ideal, dan sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan pengelolaan terminal tipe A Cicaheum Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 di Kota Bandung. Penelitian Analisis Kebijakan Pengelolaan Terminal Tipe A Cicaheum Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 peneliti menggunakan model analisis kebijakan publik menurut Dunn, meliputi perumusan masalah, peramalan masa depan kebijakan, rekomendasi kebijakan, pemantauan kebijakan, dan evaluasi kebijakan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif adalah memberikan kejelasan makna dari hasil penelitian untuk mengawali kajian dengan berpikir Induktif, artinya bahwa setiap mengungkapkan berbagai fakta ataupun fenomena sosial melalui pengamatann di lapangan, menganalisis serta berusaha melakukan teorisasi (grand theory) berdasarkan hal yang diamati dan menjadi jawaban sementara terhadap apa yang dipertanyakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengelolaan terminal tipe A cicaheum belum dapat dilaksanakan secara tepat dan optimal berdasarkan pada peraturan/regulasi. Hal ini karena belum ada penyerahan dari pemerintahan kota bandung terhadap pemerintahan pusat baik pengganggaran, perenanaan operasional terminal, aset, dan dokumen dalam pengelolaan terminal tipe A Cicaheum, kemudian Balai Pengelola Transportasi Darat tidak mau memberikan komentar/jawaban terhadap penelitian kebijakan pengelolaan terminal tipe A cicaheum. Berdasarkan pada hasil penelitian, peneliti memberikan saran yaitu kepada seluruh instansi pemerintah Kota Bandung terkait untuk mengelola dan berkoordinasi terhadap pemerintahan pusat, serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut serta mendukung kebijakan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Pengelolaan; Terminal Tipe A Cicaheum Kota Bandung
Subjects: Political dan Government Science > General Publications of Political Science
Administration of Economy > Departments of Transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Sigit Nurshabri
Date Deposited: 06 Aug 2018 08:00
Last Modified: 06 Aug 2018 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12291

Actions (login required)

View Item View Item