Farhanuddin, Aditya Ferlan (2025) Implementasi kebijakan platform Merdeka Mengajar di SMAN 12 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf - Cover Image Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
Abstract
Platform Merdeka Mengajar (PMM) diciptakan untuk para pendidik dan pimpinan sekolah untuk bersama-sama menunjang proses pembelajaran menjadi lebih inovatif dan kreatif yang terfokus pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengkaji implementasi kurikulum merdeka menurut teori Van Meter & Van Horn di SMAN 12 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa sasaran kebijakan .Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMAN 12 Bandung adalah Kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan di SMAN 12. Sekolah ini juga sudah memiliki kompetensi dan kapabilitas yang cukup mumpuni dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kompetensi tersebut muncul didukung oleh Komunitas Belajar (KOLAJAR) SMAN 12 Bandung yang telah disusun kepala sekolah. Mayoritas agen pelaksana pengimplementasian .Platform Merdeka Mengajar (PMM) di SMAN 12 Bandung sudah memiliki komitmen dan bersedia untuk mengimplementasikan .Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai wujud penerapan kurikulum merdeka. Seluruh guru, staf, tenaga kependidikan sudah menerima kebijakan .Platform Merdeka Mengajar (PMM) tersebut. Komunikasi diantara organisasi terkait sudah baik, yang dibuktikan dengan banyaknya prestasi juga kerja sama dengan instansi-instansi lain bahkan sampai kemancanegara. Ditinjau dari status kepegawaian di SMAN 12 Bandung, mayoritas sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan tingkatan-tingkatan yang beragam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka; optimalisasi; implementasi; Implementasi Kebijakan Kurikulum; Kompetensi dan Kapabilitas |
Subjects: | Public Administration > Research, Related Topics Public Administration > Public Administration in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Aditya Ferlan Farhanuddin |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:31 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |