Hubungan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar

Rahmah, Azra Nindita (2025) Hubungan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SK LULUS PLAGIASI Azra.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Tingkat Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V, Tingkat Sikap Nasionalisme Siswa, dan Hubungan antara hasil belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dengan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berperan penting dalam membentuk warga negara yang berkarakter dan bertanggung jawab, di mana PPKn menjadi wahana penting untuk mengembangkan nilai luhur dan moral bangsa serta menumbuhkan rasa persahabatan dan cinta tanah air. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasi, karena penelitian ini meneliti hubungan anatara hasil belajar PPKn dengan sikap nasionalisme. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah dengan sampel yang digunakan adalah 53 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner dengan skala likert. Hasil dari penelitian, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah pada mata pelajaran PPKn adalah 60,92 yang menunjukkan berada pada kategori rendah. Dan skor rata-rata sikap nasionalisme siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah pada pembelajaran PPKn adalah 69,59 yang menunjukkan berada pada kategori tinggi. Dan untuk menganalisis hubungan antara hasil belajar PPKn siswa (X) dan sikap nasionalisme (Y), dilakukan uji korelasi pearson mendapatkan hasil (r) 0, 368 dengan tingkat signifikan 0,007. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan anatara hasil belajar siswa dengan sikap nasionalisme. Artinya semakin tinggi tingkat hasil belajar siswa, maka semakin tinggi juga tingkat sikap nasionalisme siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa hasil belajar PPKn siswa dapat menjadi faktor peningkat sikap nasionalisme siswa. Kesimpulan dari penelitian bahwa tingkat hasil belajar siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah berkategori rendah yaitu 35,85%. Tingkat sikap nasionalisme siswa kelas V SDN Perumnas Cijerah berkategori tinggi yaitu 32,08%. Hubungan hasil belajar PPKn dengan sikap nasionalisme siswa bernilai positif dan signifikan. Dengan besar pengaruh hasil belajar PPKn terhadap sikap nasionalisme 13,60% dan sisanya 86,40% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar hasil belajar PPKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; PPKn; sikap nasionalisme
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azra Nindita Rahmah
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:44
Last Modified: 03 Dec 2025 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122987

Actions (login required)

View Item View Item