Rahmah, Azra Nindita (2025) Hubungan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SK LULUS PLAGIASI Azra.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
|
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
||
|
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Skripsi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Tingkat Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa kelas V, Tingkat Sikap Nasionalisme Siswa, dan Hubungan antara hasil belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) dengan sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berperan penting dalam membentuk warga negara yang berkarakter dan bertanggung jawab, di mana PPKn menjadi wahana penting untuk mengembangkan nilai luhur dan moral bangsa serta menumbuhkan rasa persahabatan dan cinta tanah air. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasi, karena penelitian ini meneliti hubungan anatara hasil belajar PPKn dengan sikap nasionalisme. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah dengan sampel yang digunakan adalah 53 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan metode total sampling. Pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur hasil belajar dan kuesioner dengan skala likert. Hasil dari penelitian, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah pada mata pelajaran PPKn adalah 60,92 yang menunjukkan berada pada kategori rendah. Dan skor rata-rata sikap nasionalisme siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah pada pembelajaran PPKn adalah 69,59 yang menunjukkan berada pada kategori tinggi. Dan untuk menganalisis hubungan antara hasil belajar PPKn siswa (X) dan sikap nasionalisme (Y), dilakukan uji korelasi pearson mendapatkan hasil (r) 0, 368 dengan tingkat signifikan 0,007. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan anatara hasil belajar siswa dengan sikap nasionalisme. Artinya semakin tinggi tingkat hasil belajar siswa, maka semakin tinggi juga tingkat sikap nasionalisme siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa hasil belajar PPKn siswa dapat menjadi faktor peningkat sikap nasionalisme siswa. Kesimpulan dari penelitian bahwa tingkat hasil belajar siswa kelas V SDN 214 Perumnas Cijerah berkategori rendah yaitu 35,85%. Tingkat sikap nasionalisme siswa kelas V SDN Perumnas Cijerah berkategori tinggi yaitu 32,08%. Hubungan hasil belajar PPKn dengan sikap nasionalisme siswa bernilai positif dan signifikan. Dengan besar pengaruh hasil belajar PPKn terhadap sikap nasionalisme 13,60% dan sisanya 86,40% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar hasil belajar PPKn.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; PPKn; sikap nasionalisme |
| Subjects: | Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Azra Nindita Rahmah |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:44 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:09 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



