Strategi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui program Muhadatsah: Studi kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabutapaten Tasikmalaya

Dzulfikar, Muhammad Fikri (2025) Strategi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui program Muhadatsah: Studi kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabutapaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN PLAGIARISME)
Plagiarisme_M.Fikri.Dzul.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya mengembangkan program Muhadatsah untuk membiasakan santri berbahasa Arab dan Inggris secara aktif dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini memfokuskan lebih lanjut mengenai strategi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi mulai dari perumusan, pelaksanaan, hingga evaluasi dalam menciptakan lingkungan bahasa yang efektif guna meningkatkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis santri secara efektif dan berjalan sesuai dengan strategi. Penelitian ini akan memfokuskan pada strategi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa melalui program muhadatsah, dengan fokus pada teori strategi dikembangkan oleh Crown. Pada teori tersebut terdapat tiga elemen utama yaitu formulasi strategi, implentasi strategi, evaluasi strategi. Penelitian ini akan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yakni observasi lapangan secara langsung, wawancara dengan informan dan mendapatkan dokumentasi yang berkaitan dengan startegi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi dalam meningkatkan keterampilan berbahasa melalui program muhadatsah yang kemudian di interpretasikan hasil data yang ditemukan kedalam temuan penelitian pada objek yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan KH Ahmad Deni Rustandi di Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya efektif meningkatkan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris santri melalui program muhadatsah yang dijalankan secara terencana, terintegrasi, dan berkesinambungan. Strategi ini meliputi perumusan kolaboratif kebijakan bilingual, penerapan metode direct method, jadwal muhadatsah rutin, dan integrasi praktik bahasa ke seluruh aktivitas pesantren, didukung kegiatan seperti ilqa mufradat, Arabic Camp, Darussalam Goes English, lomba drama, dan pagelaran seni. Evaluasi dilakukan pra, saat, dan pasca muhadatsah dengan pemantauan lapangan serta kompetisi seperti Arabic Drama Contest sebagai indikator capaian. Meskipun menghadapi kendala keterbatasan waktu, jumlah SDM, pengaruh bahasa daerah, dan motivasi santri yang bervariasi, tantangan tersebut diatasi melalui penguatan koordinasi, pelatihan guru, dan penciptaan lingkungan bi’ah lughawiyyah yang disiplin sehingga santri mampu menguasai keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Arab dan Inggris secara percaya diri dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbahasa; Pondok Pesantren; dan Strategi
Subjects: Islam
Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Fikri
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:48
Last Modified: 09 Oct 2025 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123080

Actions (login required)

View Item View Item