Manajemen Peserta Didik : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung

Nurjanah, Hany (2018) Manajemen Peserta Didik : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan lulus sekolah, adapun kegiatan dari manajemen peserta didik adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi peserta didik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung, perencanaan, pembinaan, evaluasi, mutasi perserta didik, faktor penghambat dan penunjang, dan hasil yang di capai dari manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung. Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pada madrasah. Oleh karena itu peserta didik harus di kelola dengan baik dan benar supaya dapat di ukur keberhasilannya dari prestasi peserta didik pada suatu lembaga pendidikan. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitataif yaitu data yang tidak berbentuk pernyataan merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk analisi data yang dikumpulkan penulis, akan dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Adapun uji absah data yang dilakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan pengecekan. Hasil dari penelitian diperoleh simpulan bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung didirikan pada tahun 1993 selama 25 tahun ini menciptakan peserta didik yang unggul tetapi memiliki kelemahan tentang sarana prasarana yang tidak memadai, dengan berbagai perjuangan madrasah tsanawiyah tetap berdiri dikarenakan adanya prinsip yang tangguh dan kuat. Konsep manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah al-Mursyid yaitu 1)Perencanaan peserta didik terlebih dahulu menetapkan jumlah peserta didik yang di terima menurut rasio yang di harapkan, siswa yang mendaftar semua di terima dengan syarat menyelesaikan administrasi dan mengikuti tes, orientasi peserta didik merupakan ajang untuk memperkenalkan peserta didik tentang sekolah, 2) Pembinaan peserta didik lebih mengedepankan pengembangan bakat dan minat melalui ekstrakulikuler dan kegiatan kulikuler yang ada di sekolah, 3) evaluasi kegiatan peserta didik dilakukan dengan tiga cara yaitu tes sumiatif, tes formatif, dan tes diagnostik untuk mengetahui perkembangan peserta didik, 4) Mutasi peserta didik ada dua yaitu pertama, mutasi intern yaitu kenaikan kelas setelah kegiatan evaluasi peserta didik, kedua, mutasi ekstern yaitu mutasi dari luar, seperti ada peserta didik yang pindahan atau mutasi dari sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Peserta Didik; Madrasah Tsanawiyah Al-Mursyid Kota Bandung
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hany Nurjanah
Date Deposited: 10 Aug 2018 08:41
Last Modified: 10 Aug 2018 08:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item