Pengaruh penerapan Metode Mathematical Modelling terhadap kemampuan Problem Solving anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al - Misbah Cipadung Kota Bandung

Elvani, Sulistia (2025) Pengaruh penerapan Metode Mathematical Modelling terhadap kemampuan Problem Solving anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al - Misbah Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
3_suratpernyataan.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal bahwa di Kelompok B RA Al –Misbah Cipadung Kota Bandung perkembangan kognitif anak masih rendah terutama dalam kemampuan problem solving anak. Hal ini terbukti anak masih kesulitan memahami instruksi, anak kurang mampu menunjukkan masalah yang dialami, anak kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan dari guru. Dengan permasalahan ini peneliti menggunakan metode mathematical modelling untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan problem solving anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perkembangan Kemampuan Problem Solving anak sebelum menggunakan metode mathematical modelling di Kelompok B RA Al – Misbah; (2) Perkembangan kemampuan problem solving anak sesudah menggunakan metode mathematical modelling di Kelompok B RA Al – Misbah; (3) Pengaruh metode mathematical modelling terhadap kemampuan problem solving anak usia dini di Kelompok B RA Al – Misbah Cipadung Kota Bandung. Kemampuan problem solving merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan sejak usia dini sebagai dasar dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Metode mathematical modelling menekankan pada penghubungan konsep matematika dengan fenomena kehidupan sehari – hari, sehingga anak dapat belajar menyelesaikan masalah nyata melalui eksplorasi konkret. Dengan kegiatan ini, anak tidak hanya terbiasa menghitung angka, tetapi juga mampu memahami langkah – langkah berpikir logis, dan mencoba berbagai strategi. Hal ini membantu anak membangun pola pikir sistematis sejak dini yang bermanfaat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Pre-experimental Design. Responden dalam penelitian ini yaitu 14 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Responden dalam penelitian ini yaitu 14 anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan ptoblem solving anak usia dini sebelum menggunakan metode mathematical modelling memperoleh nilai rata-rata sebesar 62 dengan interpretasi cukup. Setelah melakukan metode mathematical modelling nilai rata-rata sebesar 79 dengan interpretasi baik. Terdapat perbedaan yang signifikansi perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah menggunakan metode mathematical modelling. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai thitung = 16,79 dan pada ttabel = 2,24. Artinya terbukti bahwa terdapat pengaruh penerapan metode mathematical modelling terhadap kemampuan problem solving anak usia dini di Kelompok B RA Al – Misbah Cipadung Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mathematical Modelling;problem solving;anak usia dini; kemampuan kognitif
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sulistia Elvani
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:56
Last Modified: 14 Oct 2025 03:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123101

Actions (login required)

View Item View Item