Pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Outdoor Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem

Maulida, Lailatul Try (2025) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Outdoor Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan kemampuan penting yang perlu dikuasai siswa pada abad ke-21. Namun, kenyataannya keterampilan proses sains siswa tergolong rendah, terutama pada materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Outdoor Learning terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, terdiri dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen mencapai 96% untuk aktivitas guru dan 92% untuk aktivitas siswa dengan katgori "sangat baik". Nilai rata-rata posttest keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen adalah 84,75 dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,62 (kategori sedang). Sementara itu, kelas kontrol memperoleh rata-rata posttest 79,75 dengan N-Gain sebesar 0,51 (kategori sedang). Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Data tersebut diperkuat oleh hasil refleksi siswa pada kelas eksperimen dengan indikator Fact (62,5%), Feeling (50%), Finding (45,8%) pada kategori sangat baik, dan Future (37,5%) kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model GI berbasis Outdoor Learning berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation; Outdoor Learning; Keterampilan Proses Sains; Ekosistem.
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Lailatul Try Maulida
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:35
Last Modified: 10 Oct 2025 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123150

Actions (login required)

View Item View Item