Pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas VIII di SMP Negeri 24 Bandung

Rahmawati, Astri Aprilia (2025) Pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas VIII di SMP Negeri 24 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN PLAGIASI)
DOC-20251010-WA0042..pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI new.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 24 Bandung menunjukkan adanya kesenjangan dalam hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Observasi awal mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran karena perbedaan tingkat kemampuan dasar yang signifikan antar siswa. Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan pendekatan konvensional dengan asumsi bahwa semua siswa berada pada level pemahaman yang sama, sehingga siswa dengan kemampuan rendah tertinggal dan tidak dapat mengikuti pembelajaran secara optima. Maka peneliti membawa Pendekatan baru dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan TARL merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada penyesuaian tingkat pengajaran dengan kemampuan aktual siswa, bukan berdasarkan tingkat kelas atau usia kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengunaan pendekatan TARL pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII. 2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan TARL di kelas VIII. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan TARL terhadap hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII. Penelitian ini merujuk pada teori yang mengatakan bahwa Pendekatana TARL mengutamakan pentingnya mengidentifikasi tingkat pengetahuan awal peserta didik secara individual dalam rangka pengajaran yang efektif. Dengan begitu pendekatan ini akan lebih mengenal peserta didik sesuai dengan pemahaman dasarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata pada kelas eksperimen pre-respond sebesar 80,47 sedangkan post-respond sebesar 83,41. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata rata pretest sebesar 72,35 dan posttest sebesar 80,15. Namun dapat terlihat bahwa pada peningkatannya lebih kecil dibanding kelas eksperimen. Dalam hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 antara hasil post-respond kelas eksperimen dan kontrol. Ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pendekatan TaRL dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan selisih yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP, khususnya pada aspek pemahaman konsep keagamaan dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Pendekatan; Teaching at the Right Level; Hasil Belajar; Kognitif
Subjects: Islam
Islam > Pillars of Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: astri aprilia Rahmawati
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:59
Last Modified: 13 Oct 2025 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123168

Actions (login required)

View Item View Item