Amali, Subhi (2025) Implementasi program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan akhlaqul karimah mahasiswa: Studi kasus di STIT Buntet Pesantren Cirebon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (376kB) | Preview |
|
![]() |
Text
SUKET BEBAS PLAGIASI (2).pdf Download (266kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Pembentukan akhlakul karimah merupakan salah satu tujuan utama pendidikan tinggi Islam yang kini menjadi semakin mendesak di tengah tantangan era modern. Dalam konteks ini, Program Tahfidz Al-Qur’an di STIT Buntet Pesantren Cirebon hadir sebagai solusi strategis yang tidak hanya berfokus pada penguasaan hafalan, tetapi juga pada pembinaan karakter mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keyakinan bahwa tahfidz Al-Qur’an memiliki kekuatan spiritual dan edukatif yang dapat membentuk pribadi mahasiswa yang religius, disiplin, dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis implementasi program tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan akhlaqul karimah mahasiswa di STIT Buntet Pesantren Cirebon. (2) mendeskripsikan kontribusi program tersebut terhadap pembentukan akhlaqul karimah mahasiswa. (3) mengidentifikasi berbagai faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi keberhasilan program tahfidz Al-Qur’an dalam mewujudkan karakter mahasiswa yang berakhlakul karimah di lingkungan kampus tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam serta dokumentasi kegiatan. Data dianalisis secara deskriptif melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, guna memperoleh gambaran yang utuh mengenai dinamika program. Teori yang digunakan penelitian ini adalah Al-Ghazali. Berdasarkan teori Al-Ghazali, akhlak mulia terbentuk melalui proses bertahap.D imulai dari ilmu (pemahaman baik-buruk), diikuti amal (praktik nyata). Proses ini diperkuat dengan mujahadah (latihan spiritual dan pengendalian diri).Dengan demikian, akhlak adalah perpaduan antara pengetahuan, praktik, dan perjuangan jiwa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi program tahfidz Al-Qur’an di STIT Buntet Pesantren Cirebon telah berjalan secara sistematis, terstruktur, dan terintegrasi dalam sistem pembelajaran kampus melalui pendekatan talaqqi, murajaah, dan tikrar yang dikawal oleh LKTH dengan evaluasi rutin dan dukungan fasilitas yang memadai; (2) program ini berkontribusi signifikan terhadap pembentukan akhlaqul karimah mahasiswa, yang ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, dan penguatan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan akademik maupun sosial; (3) keberhasilan program didukung oleh lingkungan pesantren yang religius, peran aktif dosen dan pembina, serta komitmen mahasiswa yang tinggi; sedangkan hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, perbedaan motivasi, tekanan akademik, serta kemampuan awal membaca Al-Qur’an yang bervariasi. Berdasarkan temuan di atas, direkomendasikan kepada STIT Buntet Pesantren untuk mengintegrasikan program tahfidz Al-Qur’an ke dalam kurikulum sebagai sarana pembentukan akhlaqul karimah mahasiswa secara sistematis dan berkelanjutan. ENGLISH: The formation of akhlaqul karimah is one of the main goals of Islamic higher education, which has become increasingly urgent in the face of modern-era challenges. In this context, the Tahfidz Al-Qur’an Program at STIT Buntet Pesantren Cirebon serves as a strategic solution that focuses not only on mastery of memorization but also on fostering students’ character. This research is driven by the belief that Tahfidz Al-Qur’an possesses spiritual and educational power capable of shaping students into religious, disciplined, and noble individuals. The objectives of this study are: (1) to analyze the implementation of the Tahfidz Al-Qur’an program in shaping students’ akhlaqul karimah at STIT Buntet Pesantren Cirebon; (2) to describe the program’s contribution to the development of students’ akhlaqul karimah; and (3) to identify various supporting and inhibiting factors influencing the success of the Tahfidz Al-Qur’an program in fostering students’ noble character within the campus environment. This study employs a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques include field observations, in-depth interviews, and documentation of activities. The data were analyzed descriptively through reduction, presentation, and conclusion drawing to provide a comprehensive picture of the program’s dynamics. The theory used in this research is Al-Ghazali. Based on Al-Ghazali's theory, noble character is formed through a gradual process, starting from knowledge (understanding of good and evil), followed by action (real practice). This process is reinforced by mujahadah (spiritual training and self-control). Thus, character is a combination of knowledge, practice, and the struggle of the soul. The findings reveal that: (1) the implementation of the Tahfidz Al-Qur’an program at STIT Buntet Pesantren Cirebon has been carried out systematically, structurally, and integrated into the campus learning system through talaqqi, murajaah, and tikrar approaches, supervised by LKTH with regular evaluations and adequate facilities; (2) the program makes a significant contribution to the formation of students’ akhlaqul karimah, as evidenced by increased discipline, responsibility, honesty, and the strengthening of Qur’anic values in academic and social life; and (3) the program’s success is supported by the religious pesantren environment, the active role of lecturers and mentors, and strong student commitment, while obstacles include limited time, varying levels of motivation, academic pressure, and differences in initial Qur’an reading ability. Based on the findings above, it is recommended for STIT Buntet Pesantren to integrate the Al-Qur'an memorization program into the curriculum as a means of systematically and sustainably developing the students' noble character. ARABIC: تُعَدُّ تَكوِينُ الأَخلاقِ الكَريمَةِ أَحَدَ الأَهْدافِ الرَّئيسَةِ لِلتَّعْلِيمِ العالِي الإِسلامِي، وَهُوَ اليَومَ أَكْثَرُ إِلحاحًا فِي وَسَطِ تَحَدّياتِ العَصْرِ الحَديثِ. وَفِي هَذَا السِّياقِ، يَأْتِي بَرْنامَجُ تَحفِيظِ القُرآنِ الكَريمِ فِي المَعهَدِ العالِي لِعُلُومِ التَّربِيَةِ بُنتِت بَسانترِن شِيريبون كَحَلٍّ إِستِراتيجِيٍّ لا يَقتَصِرُ عَلى إِتْقانِ الحِفْظِ فَحَسْب، بَلْ يَهْتَمُّ أَيْضًا بِتَربِيَةِ شَخصِيَّةِ الطَّالِبِ. و تَستَنِدُ هَذِهِ الدِّراسَةُ إِلى الاقتِناعِ بِأَنَّ تَحفِيظَ القُرآنِ الكَريمِ يَملِكُ قُوَّةً رُوحِيَّةً وَتَربَوِيَّةً قادِرَةً عَلى تَشكِيلِ شَخصِيَّةِ الطَّالِبِ المُتَدَيِّنِ وَالمُنتَظِمِ وَذِي الأَخلاقِ الفاضِلَةِ. وَتَهدِفُ هَذِهِ الدِّراسَةُ إِلى: (١) تَحلِيلِ تَطْبِيقِ بَرْنامَجِ تَحفِيظِ القُرآنِ الكَريمِ فِي تَشكِيلِ الأَخلاقِ الكَريمَةِ لَدَى طُلَّابِ المَعهَدِ العالِي لِعُلُومِ التَّربِيَةِ بُنتِت بَسانترِن شِيريبون. (٢) وَصْفِ مُساهَمَةِ هَذَا البَرنامَجِ فِي تَشكِيلِ الأَخلاقِ الكَريمَةِ لَدَى الطُّلَّابِ. (٣) تَحدِيدِ العَوامِلِ الدَّاعِمَةِ وَالمُعِيقَةِ الَّتِي تُؤَثِّرُ فِي نَجاحِ بَرنامَجِ تَحفِيظِ القُرآنِ الكَريمِ فِي تَحقيقِ شَخصِيَّةِ الطَّالِبِ ذِي الأَخلاقِ الكَريمَةِ فِي بِيئَةِ المَعْهَدِ. وَتَستَخدِمُ هَذِهِ الدِّراسَةُ المَنهَجَ الكِيفِيَّ بِطَرِيقَةِ دِراسَةِ الحَالَةِ، حَيثُ تَمَّ جَمعُ البَياناتِ عَن طَرِيقِ الملاحَظَةِ الميدَانِيَّةِ وَالمُقابَلاتِ المُتَعمِّقَةِ وَتَوثِيقِ الأَنْشِطَةِ. وَتَمَّ تَحلِيلُ البَياناتِ وَصفِيًّا عَبرَ العَرضِ وَالتَّحليلِ وَاستِنتاجِ النَّتائِجِ، لِلحُصُولِ عَلى صُورَةٍ شَامِلَةٍ عَن دِينامِيكِيَّةِ البَرنامَجِ. نظرية هذا البحث هي الغزالي. بناءً على نظرية الغزالي ، فإن الأخلاق النبيلة تتشكل من خلال عملية تدريجية. تبدأ من العلم (فهم الخير والشر) ، تليها العمل (الممارسة الفعلية). وتُعزز هذه العملية بالمجاهدة (التدريب الروحي وضبط النفس). وبالتالي ، فإن الأخلاق هي مزيج من المعرفة والممارسة ونضال الروح. (١) تَطْبِيقَ بَرنامَجِ تَحفِيظِ القُرآنِ الكَريمِ فِي المَعهَدِ العالِي لِعُلُومِ التَّربِيَةِ بُنتِت بَسانترِن شِيريبون يَجرِي بِشَكلٍ مَنظُومٍ وَمُنَظَّمٍ وَمُدمَجٍ فِي نِظامِ التَّعلِيمِ الجَامِعِي، عَبرَ مَنهَجِ التَّلقِّي وَالمُرَاجَعَةِ وَالتِّكرَارِ بِإِشرَافِ لَجنَةِ تَحفِيظِ القُرآنِ وَالتَّقيِيمِ الدَّورِيِّ وَبِدَعمٍ مِن التَّجهيزاتِ المُناسِبَةِ. (٢) يُساهِمُ البَرنامَجُ بِشَكلٍ كَبِيرٍ فِي تَشكِيلِ الأَخلاقِ الكَريمَةِ لَدَى الطُّلَّابِ، وَيَتَجَلَّى ذَلِكَ فِي زِيادَةِ الانضِباطِ وَالمَسؤُولِيَّةِ وَالأَمانَةِ وَتَعزِيزِ القِيَمِ القُرآنِيَّةِ فِي الحَياةِ الأَكادِيمِيَّةِ وَالاِجتِماعِيَّةِ. (٣) تَدعَمُ نَجاحَ البَرنامَجِ بِيئَةٌ دِينِيَّةٌ رُوحِيَّةٌ فِي البُنيَةِ التَّحتِيَّةِ لِلمَعهَدِ، وَالدَّورُ الفَعَّالُ لِلهَيئَةِ التَّدْرِيسِيَّةِ وَالمُشرِفِينَ، وَالتِزامُ الطُّلَّابِ العَالِي؛ فِيمَا تَتَمَثَّلُ المُعَوِّقَاتُ فِي ضِيقِ الوَقتِ، وَاختِلافِ الدَّوافِعِ، وَالضَّغطِ الأَكادِيمِي، وَتَفاوُتِ مُستَوَى إِتقانِ القِراءَةِ القُرآنِيَّةِ الأَوَّلِيَّةِ. استنادًا إلى النتائج المذكورة أعلاه، يُوصى بمعهد STIT بونتيت بيسانتير بدمج برنامج حفظ القرآن الكريم في المنهج الدراسي كوسيلة لتشكيل الأخلاق الكريمة للطلاب بشكل منهجي ومستدام
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz Al-Qur’an; Program Tahfidz; Akhlaqul Karimah |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhi Amali |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:32 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |