Rahma Hidayat, Indy (2025) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan sabun cair dari minyak jelantah dengan penambahan ekstrak serai wangi untuk mengembangkan kemampuan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text
1_cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
2_abstrak.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
4_daftarisi.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
5_bab1 (18).pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
6_bab2 (20).pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
9_bab5 (18).pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10_daftarpustaka (19).pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi lingkungan siswa, khususnya dalam pemanfaatan limbah minyak jelantah. Minyak jelantah yang sering digunakan kembali atau dibuang sembarangan mengandung senyawa berbahaya hasil oksidasi dan degradasi termal yang berpotensi memicu penyakit serius serta mencemari lingkungan. Salah satu upaya pengolahan yang ramah lingkungan adalah mengubah minyak jelantah menjadi sabun cair. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam pembuatan sabun cair dari minyak jelantah dengan penambahan ekstrak serai wangi, menganalisis pengembangan literasi lingkungan siswa, serta mengkaji karakteristik produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one shot case study, melibatkan 19 siswa kelas XI SMK Bhakti Kencana Cimahi pada mata pelajaran kimia. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, tes, dan angket literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek terlaksana sangat baik dengan rata-rata 93. Kemampuan siswa menyelesaikan lembar kerja juga sangat baik dengan rata-rata 90. Literasi lingkungan berkembang positif, dengan rata-rata aspek pengetahuan terhadap lingkungan 92, keterampilan kognitif 96, rata rata nilai tindakan dan sikap terhadap lingkungan 100 dan 85. Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan siswa secara holistik, meskipun aspek tindakan nyata masih memerlukan penguatan melalui pembiasaan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minyak Jelantah; Serai Wangi; Penerapan Lembar Kerja: Sabun Cair |
Subjects: | Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Indy Rahma Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |