Implementasi kebijakan peningkatan Mutu Madrasah melalui program Realizing Education Promise-Madrasah Quality Reform (REP-MEQR) : Studi kasus Madrasah di wilayah Jakarta Timur

Mania, Majidah aqifah (2025) Implementasi kebijakan peningkatan Mutu Madrasah melalui program Realizing Education Promise-Madrasah Quality Reform (REP-MEQR) : Studi kasus Madrasah di wilayah Jakarta Timur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan madrasah di Indonesia ditandai dengan berbagai upaya peningkatan mutu melalui kebijakan afirmasi, salah satunya Program Realizing Education’s Promise–Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR). Program ini hadir untuk memperkuat tata kelola berbasis data, akuntabilitas keuangan melalui e-RKAM dan EMIS, serta mendorong digitalisasi manajemen madrasah. Namun, implementasinya di wilayah Jakarta Timur masih menghadapi berbagai tantangan yang memengaruhi efektivitas kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perumusan, implementasi, dan evaluasi kebijakan REP-MEQR dalam peningkatan mutu madrasah di Jakarta Timur. Secara teoritis, penelitian ini berlandaskan pada konsep implementasi kebijakan publik William N. Dunn yang menekankan dinamika multi-aktor, nilai, dan interpretasi dalam proses kebijakan. Kerangka ini digunakan untuk mengungkap sejauh mana kebijakan REP-MEQR dijalankan di tingkat madrasah dan bagaimana aktor-aktor pendidikan meresponsnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak Kementerian Agama Jakarta Timur sebagai pelaksana program, serta dengan pengelola madrasah aliyah swasta sebagai penerima manfaat. Teknik pengumpulan data juga dilengkapi dengan dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber, perpanjangan observasi, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program REP-MEQR berhasil mendorong digitalisasi pengelolaan madrasah dan memperkuat akuntabilitas keuangan melalui e-RKAM dan EMIS. Namun, implementasi di Jakarta Timur masih terkendala pemerataan pemanfaatan teknologi, keterbatasan pelatihan berkelanjutan bagi SDM, birokrasi pencairan dana yang lambat, serta kurangnya sosialisasi intensif dari Kemenag. Evaluasi menegaskan perlunya penguatan sosialisasi, pelatihan daring yang merata, serta integrasi sistem digital secara menyeluruh. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan pentingnya kebijakan berbasis data dan kolaboratif untuk memastikan keberlanjutan peningkatan mutu madrasah di tingkat akar rumput.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: REP-MEQR; implementasi kebijakan; madrasah; e-RKAM; Kementerian Agama
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Majidah Aqifah Mania
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:06
Last Modified: 16 Oct 2025 08:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123494

Actions (login required)

View Item View Item