Penerapan model kooperatif tipe team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar matematika

Nurhasanah, Shofi (2025) Penerapan model kooperatif tipe team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Kerangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V MI Matla’ul Atfal pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi pengumpulan data belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil pretest, diketahui bahwa banyak siswa belum memahami konsep dasar dalam mengumpulkan dan menyajikan data secara sistematis. Nilai rata-rata pretest siswa di kelas eksperimen adalah 50, sedangkan di kelas kontrol hanya 34,53. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi tersebut masih dalam kategori cukup dan rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar adalah penerapan model pembelajaran yang kurang variatif dan belum mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa kelas V setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa, (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model TAI, dan (4) perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model TAI dan siswa yang diajar dengan model kooperatif biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di sekolah tempat penelitian dilaksanakan. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah diuji oleh dosen ahli. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji-t independen. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen mencapai skor 0,31 yang berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,18 yang termasuk kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model TAI dengan siswa yang menggunakan model kooperatif biasa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TAI terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengumpulan data dibandingkan model kooperatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model TAI; Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Matematika; Pengumpulan Data
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shofi Nurhasanah
Date Deposited: 17 Oct 2025 06:48
Last Modified: 17 Oct 2025 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123501

Actions (login required)

View Item View Item