Strategi dakwah digital di Perguruan Islam Mathaliul Falah dalam menanamkan nilai Salih Akram: Studi deskriptif pada akun Instagram @mathaliulfalahofficial

Kariem, Fatih Naja (2025) Strategi dakwah digital di Perguruan Islam Mathaliul Falah dalam menanamkan nilai Salih Akram: Studi deskriptif pada akun Instagram @mathaliulfalahofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (136kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BEBAS PLAGIARISME)
Lulus Plagiasi Fatih.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Adaptasi lembaga keagamaan terhadap teknologi digital telah menjadikan Instagram sebagai arena dakwah yang vital. Perguruan Islam Mathali'ul Falah, sebagai institusi pesantren dengan warisan tradisi yang kuat, memanfaatkan platform ini melalui akun @mathaliulfalahofficial untuk menanamkan filosofi kelembagaan uniknya, yaitu nilai Salih Akram. Fenomena ini menawarkan pergeseran paradigma dakwah dari yang konvensional menjadi lebih strategis, audiens-sentris, dan berbasis data, relevan dengan dinamika masyarakat digital. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis implementasi tahap perencanaan dalam mengidentifikasi audiens dan peluang komunikasi; (2) Menganalisis implementasi strategi dan (3) Menganalisis metode evaluasi (Evaluation) yang digunakan untuk mengukur efektivitas dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas digital, wawancara mendalam bersama tim Unit Pengembangan Media (UPM PIM), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada dimensi perencanaan, strategi dibentuk secara ideologis untuk menanamkanukan secara berkelanjutan dengan memadukan analisis kuantitatif dan kualitatif. (2) Implementasi strategi dilakukan secara nyata dan terstruktur, (3) Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur efektivitas dakwah dilakukan untuk pertumbuhan berkelanjutan Penelitian ini menyimpulkan bahwa @mathaliulfalahofficial berhasil mengembangkan sebuah model strategi dakwah digital yang matang, terstruktur, dan otentik. Mereka mampu menyeimbangkan antara idealisme dakwah dengan pragmatisme digital, membuktikan bahwa kearifan tradisi dapat beresonansi kuat di era kontemporer jika dikomunikasikan secara strategis, kreatif, dan humanis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Dakwah Digital; Instagram; Salih Akram; Manajemen Strategis; Komunikasi Islam
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
Islam > Islam and Technology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fatih Naja Kariem
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:32
Last Modified: 17 Oct 2025 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123557

Actions (login required)

View Item View Item