Kariem, Fatih Naja (2025) Strategi dakwah digital di Perguruan Islam Mathaliul Falah dalam menanamkan nilai Salih Akram: Studi deskriptif pada akun Instagram @mathaliulfalahofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (BEBAS PLAGIARISME)
Lulus Plagiasi Fatih.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
Abstract
Adaptasi lembaga keagamaan terhadap teknologi digital telah menjadikan Instagram sebagai arena dakwah yang vital. Perguruan Islam Mathali'ul Falah, sebagai institusi pesantren dengan warisan tradisi yang kuat, memanfaatkan platform ini melalui akun @mathaliulfalahofficial untuk menanamkan filosofi kelembagaan uniknya, yaitu nilai Salih Akram. Fenomena ini menawarkan pergeseran paradigma dakwah dari yang konvensional menjadi lebih strategis, audiens-sentris, dan berbasis data, relevan dengan dinamika masyarakat digital. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis implementasi tahap perencanaan dalam mengidentifikasi audiens dan peluang komunikasi; (2) Menganalisis implementasi strategi dan (3) Menganalisis metode evaluasi (Evaluation) yang digunakan untuk mengukur efektivitas dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas digital, wawancara mendalam bersama tim Unit Pengembangan Media (UPM PIM), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada dimensi perencanaan, strategi dibentuk secara ideologis untuk menanamkanukan secara berkelanjutan dengan memadukan analisis kuantitatif dan kualitatif. (2) Implementasi strategi dilakukan secara nyata dan terstruktur, (3) Evaluasi yang dilakukan untuk mengukur efektivitas dakwah dilakukan untuk pertumbuhan berkelanjutan Penelitian ini menyimpulkan bahwa @mathaliulfalahofficial berhasil mengembangkan sebuah model strategi dakwah digital yang matang, terstruktur, dan otentik. Mereka mampu menyeimbangkan antara idealisme dakwah dengan pragmatisme digital, membuktikan bahwa kearifan tradisi dapat beresonansi kuat di era kontemporer jika dikomunikasikan secara strategis, kreatif, dan humanis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Dakwah; Dakwah Digital; Instagram; Salih Akram; Manajemen Strategis; Komunikasi Islam |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment Islam > Islam and Technology Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fatih Naja Kariem |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 07:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |