Nuryadin, Fauruzzaman (2025) Penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian di Kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (52kB) |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (43kB) |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (79kB) |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (50kB) |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (274kB) |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
|
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
|
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
|
|
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
|
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Rendahnya kreativitas siswa ini disebabkan kurang menariknya pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional, dimana kurang bervariasinya model dalam pembelajaran di kelas. Sebagai Solusi untuk meningkatkan Kreativitas siswa, maka digunakan model Project Based Learning berbantu media YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube pada mata pelajaran SKI di Kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. 2) Peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran SKI melalui penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube di Kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori bahwa pembelajaran berbasis proyek yang dikombinasikan dengan media digital seperti YouTube dapat mengembangkan kreativitas melalui proses kreativitas. eksplorasi, kolaborasi, dan dapat membuat sebuah produk. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experiment dengan model (Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan tes. Adapun Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan penerapan terlaksana dengan baik, yaitu: 1) Penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube mencapai tingkat keberhasilan 95% dengan kriteria sangat baik. 2) Peningkatan kreativitas siswa sebelum dan setelah diterapkan model Project Based Learning berbantu media YouTube Pre-Test 86,25 (69%) dan Post-Test 95 (76%), artinya termasuk ada peningkatan dengan kategori sedang. Pada analisis N-Gain kelas eksperimen memiliki skor N-Gain 0,4 dengan interpretasi sedang. Adapun kelompok kelas kontrol memiliki skor N-Gain 0,3 dengan interpretasi rendah. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,005, yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning berbantu media YouTube dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Kreativitas; Sejarah Kebudayaan Islam |
| Subjects: | Education, Research Education and Research of History |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Fauruzzaman Nuryadin |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:42 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 06:42 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



