Penggunaan aplikasi Wordwall uuntuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf Abjad pada anak usia dini: Penelitian tindakan kelas di Kelompok A RA Ar-Raudhah Ujungberung Kota Bandung

Fauziah, Trisma Nurul (2022) Penggunaan aplikasi Wordwall uuntuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf Abjad pada anak usia dini: Penelitian tindakan kelas di Kelompok A RA Ar-Raudhah Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_lembar pernyataan.pdf

Download (0B)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB I)
5_BAB 1.pdf

Download (0B)
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di kelompok A RA Ar-Raudhah Jl.Neglasari I No 10 dengan jumlah siswa tujuh orang, di latarbelakangi oleh kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini yang belum berkembang. Permasalahan tersebut muncul karena media yang diberikan oleh guru kurang bervariasi dalam mengenalkan huruf abjad terhadapat anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan mengenal huruf abjad di Kelompok A RA Ar-Raudhah sebelum menggunakan aplikasi wordwall (2) Bagaimana penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad di kelompok A RA Ar-Raudhah setiap siklus, dan (3) Bagaimana kemampuan mengenal huruf abjad di kelompok A RA Ar-Raudhah setelah penggunaan aplikasi wordwall seluruh siklus. Penelitian ini di dasarkan pada kerangka berfikir bahwa kemampuan mengenal huruf adalah kesanggupan dalam mengenali tanda atau ciri aksara dalam tata tulis yang merupakan anggota abjad dan melambangkan bunyi bahasa, pendapat tersebut disampaikan oleh Carol Seefeld dan Barbara A. Wasik . Proses pengenalan huruf abjad di dalam kelas akan lebih efektif, dan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan media aplikasi wordwall yang didalam nya terdapat beberapa games yang dapat digunakan secara online dan offline. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif atau disebut dengan pendekatan campuran. Pendekatan canpuran yaitu pendekatan penelitian yang melibatkan pengumpulan data kuantitatif serta kualitatif, penggabungan dua bentuk data, dan penggunaan rancangan yang berbeda, yang melibatkan asumsi-asumsi filosofis dan kerangka kerja teoritis. Objek penelitiannya anak-anak Kelompok A RA Ar-Raudhah yang berjumlah tujuh orang. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan hasil observasi pra siklus bahwa kemampuan menngenal huruf abjad pada anak usia dini mendapatkan rata-rata 50 dengan kriteria belum berkembang. Proses penggunaan aplikasi wordwall dapat dilihat dari aktivitas guru dalam siklus I diperoleh rata-rata sebesar 84% dengan kategori sangat baik, daan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat baii. Sedangkan aktivitas anak pada siklus I didapatkan nilai rata-rata sebesar 57% dengan kategori kurang, dan siklus II didapatkan nilai rata-rata 64% dengan kategori cukup. Hasil perhitungan lembar unjuk kerja mengenai kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok A RA Ar-Raudhah pada siklus I tindakan pertama dan kedua mendapatkan nilai rata-rata 69 dengan kategori cukup, untuk siklus II tindakan pertama dan kedua mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini; Penggunaan Wordwall; Huruf Abjad
Subjects: Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Trisma Nurul Fauziah
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:13
Last Modified: 23 Oct 2025 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123713

Actions (login required)

View Item View Item