Billah, Muhaamad Mutawakkil (2025) Efektivitas metode Direct Listening and Thinking Activity berbasis Audio terhadap kualitas hafalan siswa : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X-1 SMA Mekar Arum Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas hafalan siswa dalam mata pelajaran PAI BP sebelum diterapkan metode DLTA untuk meningkatkan kualitas hafalan ayat Al-Qur’an siswa kelas X-1 di SMA Mekar Arum Cinunuk Bandung. berdasarkan hasil awal menunjukkan rendahnya kualitas hafalan siswa. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti lingkungan, metode pembelajaran guru, dan siswa itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Kualitas hafalan siswa sebelum diterapkannya metode Direct Listening And Thingking Activity Berbasis Audio dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Kualitas hafalan kognitif siswa setelah diterapkan metode metode Direct Listening And Thingking Activity Berbasis Audio dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Hasil efektivitas dari penerapan metode Direct Listening And Thingking Activity Berbasis Audio terhadap kualitas hafalan kognitif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pembelajaran Direct Listening and Thinking Activity (DLTA) berbasis audio merupakan metode yang tepat sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan mengkolaborasikan dengan audio untuk melengkapi proses pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar siswa dengan Direct Listening and Thinking Activity (DLTA) berbasis Audio lebih efektiv dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode (DLTA). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain one group- before and after. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji independent sample T- test, serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualitas hafalan sebelum diterapkannya metode Direct Listening and Thiningk Activity mendapatkan hasil yang kurang dari nilai yang seharusnya diperoleh. Hal ini berdasarkan hasil pre-test yang mendapatkan rata rata 56,72 yang termasuk kategori rendah. 2) Kualitas hafalan setelah diterapkannya metode Direct Listening and Thiningk Activity mendapatkan hasil yang signifikan dengan nilai tertinggi 85 dan rata rata 75,31. 3) hasil dari efektivitas metode Direct Listening and Thinking Activity dengan bebasis audio terdapat peningkatan dengan nilai N-Gain 0,4349 dengan kategori tinggi. Uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis yang diajukkan diterima. Dengan demikian, penerapan metode Direct Listening and Thinking Activity berbasis audio dapat mengefektifkan kualitas hafalan siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X-1 SMA Mekar Arum Bandung.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; hafalan siswa; |
| Subjects: | Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhammad Mutawakkil Billah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:43 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:43 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



