Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Dividend Payout Ratio: Studi kasus pada PT. Astra Internasional Tbk Periode 2012-2016

Putra, Chindika Husna Buana (2018) Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Dividend Payout Ratio: Studi kasus pada PT. Astra Internasional Tbk Periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi adanya penelitian ini adalah karena hampir semua perusahaan yang ada di Indonesia selalu sempat absen dalam membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya. Dilihat dari tahun 2012-2016 hanya PT. Astra Internasional Tbk yang tidak pernah absen membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya. Dividen merupakan pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan kepada pemegang saham yang bergantung pada kebijakan dividen masing-masing perusahaan. Sangat menarik dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertimbangan pembagian dividen yakni dividen payout ratio, karena banyaknya pertimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh likuiditas terhadap dividen payout ratio, (2) pengaruh solvabilitas terhadap dividen payout ratio, (3) pengaruh profitabilitas terhadap dividen payout ratio dan (4) pengaruh likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas secara simultan terhadap dividen payout ratio. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan PT. Astra Internasional Tbk dan sampelnya adalah laporan keuangan PT. Astra Internasional Tbk dari tahun 2012-2016. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahu bahwa variabel likuiditas (X1) berpengaruh negatif signifikan terhadap dividen payout ratio (Y). Variabel solvabilitas (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap dividen payout ratio (Y). Variabel profitabilitas (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap dividen payout ratio (Y). Likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap dividen payout ratio dengan nilai F hitung sebesar 579,733. Dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,900. Jadi besarnya pengaruh Likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas secara simultan terhadap dividen payout ratio adalah sebesar 90% dan besarnya pengaruh variabel lain adalah 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas;Solvabilitas;Profitabilitas;Dividen Payout Ratio
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Financial Economics, Finance > Personal Finance
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Money
Financial Economics, Finance > Investment
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Chindika Husna Buana Putra
Date Deposited: 09 Aug 2018 01:28
Last Modified: 09 Aug 2018 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item