Mahdana, Izyan Nasrullah (2025) Penerapan metode kisah berbantuan media film untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs Ar-Rasyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
Cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK,.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
karya sendiri.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI,.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I,..pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II,..pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
|
Text
BAB III,..pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Ar-Rasyidiyah Kota Bandung masih didominasi metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dan hasil belajar kognitifnya rendah. Untuk mengatasi hal ini, Solusi yang ditawarkan yaitu dengan diterapkan metode kisah berbantuan media film yang diharapkan mampu menciptakan pembelajaran lebih menarik, interaktif, serta memudahkan siswa memahami materi khususnya tentang Khulafaur Rasyidin dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui: 1) hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan menggunakan metode cerita, 2) hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan metode kisah berbantuan media film, serta 3) hasil belajar di kelas kontrol dan eksperimen menggunakan metode cerita dan metode kisah berbantuan media film Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode kisah berbantuan media film berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Ar-Rasyidiyah Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain quasi eksperimen dan model nonequivalent control group design. Melalui desain ini, kedua kelompok diberikan perlakuan yang berbeda: kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan metode kisah berbantuan media film, sedangkan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional yaitu metode cerita.Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posttest, dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Hasil belajar siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode cerita mengalami peningkatan, namun tidak terlalu signifikan, dengan rata-rata nilai posttest sebesar 75 dari rata-rata pretest 43,52. Hal ini menunjukkan bahwa metode cerita hanya mampu memberikan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. 2) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan metode kisah berbantuan media film menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dan signifikan, dengan rata-rata nilai posttest 92 dari rata-rata pretest 63. Artinya, penerapan metode kisah berbantuan media film mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara optimal.3) Perbandingan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen melalui uji-t menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, metode kisah berbantuan media film lebih efektif dibandingkan metode cerita konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Kisah Berbantuan Media Film; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam |
| Subjects: | Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | PAI Izyan Nasrullah Mahdana Mahdana |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:09 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:16 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



