Daya tarik sekolah dengan persepsi Negatif : Studi di SMK Mekar Galih di Kabupaten Bandung

Rahmah, Reza Aulia Pricilia (2025) Daya tarik sekolah dengan persepsi Negatif : Studi di SMK Mekar Galih di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Banyak kajian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang memiliki persepsi negatif di mata masyarakat cenderung mengalami penurunan jumlah siswa. Namun, SMK Mekar Galih, di Kabupaten Bandung, yang memiliki persepsi negatif, justru memiliki banyak peminat. Hal ini menunjukan adanya daya tarik tersendiri dari sekolah SMK Mekar Galih di tengah berkembangnya persepsi negatif di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi masyarakat mengenai SMK Mekar Galih, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan orang tua dan siswa untuk memilih sekolah dengan persepsi yang tidak sepenuhnya positif dan strategi sekolah dalam meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional Jon Elster, yang menekankan bahwa individu membuat pilihan berdasarkan pertimbangan yang rasional dan logis dengan memaksimalkan manfaat atau kepuasan yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap pihak terkait. Data primer diperoleh dari lima orang informan masyarakat sekitar sekolah, lima orang tua siswa kelas 10, lima orang siswa kelas 10, dan dua orang informan dari pihak sekolah terkait. Sementara itu, data sekunder diperoleh melalui studi pustaka terhadap berbagai literatur. Seluruh data kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan menggunakan analisis naratif untuk menggali dan menafsirkan pengalaman informan secara utuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap SMK Mekar Galih didominasi oleh persepsi negatif seperti rendahnya tingkat kedisiplinan siswa, minimnya prestasi akademik, citra sekolah sebagai sekolah alternatif bagi siswa yang tidak diterima di sekolah lain, tingginya angka pembolos dan minimnya fasilitas belajar. Namun, ada juga beberapa masyarakat yang sekarang memandang sekolah ini secara positif karena perubahan dan perbaikan yang telah dilakukan sekolah.Alasan orang tua tetap menyekolahkan anaknya di SMK Mekar Galih antara lain karena faktor kedekatan geografis, biaya sekolah yang terjangkau, dan terbatasnya informasi mengenai sekolah lain.Implikasi dari persepsi negatif ini bervariasi; sebagian besar orang tua tetap percaya pada sekolah, sementara bagi siswa, persepsi ini mempengaruhi motivasi dan semangat belajar mereka. Sekolah menanggapi ini dengan mengembangkan program jangka panjang yang berfokus pada peningkatan kualitas akademik untuk menarik siswa baru dan meningkatkan citra sekolah di masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sekolah; Keputusan memilih; Pendidikan; Persepsi Negatif; Pilihan Rasional
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Reza Aulia Pricilia Rahmah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:34
Last Modified: 06 Nov 2025 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125060

Actions (login required)

View Item View Item