Akbar, Mohamad Arrofi (2025) Participation Action Research pemberdayaan masyarakat melalui program Desa Wisata Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
|
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
|
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
|
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
Abstract
Desa Sembalun merupakan salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki potensi alam dan budaya yang sangat kaya. Potensi tersebut dapat berperan sebagai pusat pemberdayaan melalui pendekatan Participation Action Research (PAR). Dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan desa wisata, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi program. Program desa wisata Sembalun dapat menjadi wadah partisipatif yang berkelanjutan dalam memperkuat kapasitas lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui program desa wisata di Desa Sembalun dengan menggunakan pendekatan Participation Action Research (PAR). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola potensi lokal secara mandiri dan berkelanjutan, serta memperkuat partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan desa wisata. Landasan teori dalam penelitian ini mencakup tiga konsep utama. Pertama, Participation Action Research (PAR) adalah pendekatan penelitian yang melibatkan masyarakat secara aktif utuk memahami dan memperbaiki kondisi mereka melalui refleksi dan tindakan bersama. Kedua, teori pemberdayaan masyarakat (community empowerment) menjelaskan bahwa proses pemberdayaan dilakukan dengan mendorong potensi lokal melalui pelatihan, bimbingan dan sarana prasarana agar masyarakat mampu mandiri dan berdaya. Ketiga Pembangunan partisipatif yakni pembangunan yang menekankan keterlibatan aktif masyarakat dalam seluruh proses pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participation Action Research (PAR), yaitu pendekatan kualitatif yang melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, hingga refleksi terhadap pemberdayaan masyarakat melalui Program Desa Wisata Sembalun. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Participation Action Research (PAR) dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui Program Desa Wisata Sembalun mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Program desa wisata di Sembalun yang berperan penting dalam pengembangan sektor pariwisata berbasis potensi lokal. Kegiatan ini mendorong partisipasi aktif warga dalam UMKM, pelatihan SDM, serta pelestarian lingkungan. Pemberdayaan dilakukan secara partisipatif, melibatkan warga, Pokdarwis, BUMDes, dan tokoh adat dalam perencanaan dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kapasitas SDM, pertumbuhan ekonomi lokal melalui usaha wisata, serta peningkatan kesadaran lingkungan. Program ini membuktikan bahwa desa wisata tidak hanya sebagai destinasi, tetapi juga sebagai sarana pemberdayaan berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Participation Action Research; Pemberdayaan Masyarakat; Program Desa Wisata |
| Subjects: | Customs of People |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
| Depositing User: | Mohamad Arrofi Akbar |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:42 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:42 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



