Susanti, Susanti (2025) Pengaruh permainan lempar dadu angka terhadap perkembangan kognitif matematis anak usia dini: Penelitian di Kelompok A RA Al-Falah Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelompok A RA Al-Falah Tasikmalaya bahwa anak kurang memahami konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhitung, anak kurang mampu dalam mengenal angka, menghubungkan antara konsep bilangan dengan lambang bilangan, dan memasangkan jumlah benda dengan angka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif matematis anak usia dini sebelum melakukan permainan lempar dadu angka di Kelompok A RA Al-Falah Tasikmalaya; (2) Perkembangan kognitif matematis anak usia dini sesudah melakukan permainan lempar dadu di Kelompok A RA Al-Falah Tasikmalaya; (3) Pengaruh permainan lempar dadu angka terhadap perkembangan kognitif matematis anak usia dini di Kelompok A RA Al-Falah Tasikmalaya. Permainan dadu angka dapat memperkuat pengenalan angka 1-6, anak dapat menyebutkan urutan bilangan 1- 6 (Ikhlasiah Iik, 2018). Karina (2018) menyatakan bahwa permainan dadu angka salah satu cara yang cocok digunakan untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak, karena permainan dadu angka dapat mengajarkan anak dalam mengenal bilangan, menunjukkan angka, mengenal simbol serta dapat mengenal bentuk geometri. Permainan dadu suatu kegiatan yang dapat digunakan sebagai permainan dalam proses pembelajaran untuk mengasah kemampuan matematika anak. Penelitian ini menggunakan metode kuasi Pre-Ekperimental Design. Responden dalam penelitian ini yaitu 17 anak. Penentuan sampel teknik sampel jenuh, artinya jumlah sampel dilakukan dengan menetapkan seluruh populasi sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kognitif matematis anak usia dini menggunakan permainan lempar dadu angka di Kelompok A RA Al-Falah Tasikmalaya memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 43 yang diinterpretasikan pada kategori gagal dan memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 75 yang diinterpretasikan pada kategori baik. Hasil uji t diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel=13,67>1,75 pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh permainan lempar dadu angka terhadap perkembangan kognitif matematis anak usia dini di kelompok A RA Al-Falah Bojonggambir Tasikmalaya.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perkembangan anak; Permainan dengan dadu |
| Subjects: | Human Physiology > Child Development Game of Chance > Game with Dice |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Depositing User: | Susanti Susanti |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:33 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:33 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



