Penerapan model cooperative learning tipe giving question and getting answer untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan indahnya berprilaku terpuji: penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Cibitung Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi

Aziz Mp, Aa Abdul (2018) Penerapan model cooperative learning tipe giving question and getting answer untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pokok bahasan indahnya berprilaku terpuji: penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Cibitung Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan permasalahan yang terjadi di kelas IV MI Cibitung Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan hasil observasi didapatkan data bahwa aktivitas belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang kurang semangat belajar, terdapat juga siswa yang bermain-main dengan teman sebangkunya ketika pembelajaran berlangsung, mereka kurang respon terhadap pertanyaan guru, malas untuk bertanya, malas mencatat, hanya diam saja sehingga berimplikasi pada proses dan hasil belajar yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Sejauhmana aktivitas belajar siswa sebelum penerapan Model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Indahnya Berprilaku Terpuji, (2) Proses penerapan Model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Indahnya Berprilaku Terpuji, (3) Peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Indahnya Berprilaku Terpuji sesudah penerapan Model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan Model Cooperative Learning Tipe Giving Question and Getting Answer diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes unjuk kerja. Dilengkapi dengan instrumen berupa silabus, RPP, lembar tes unjuk kerja, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Penelitian dilakukan di kelas IV MI Cibitung sebanyak 20 orang siswa. Hasil penelitian selama lima kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai persentase aktivitas siswa sebelum menerapkan model Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer hanya sebesar 39,86% dengan kategori kurang sekali, sedangkan setelah menerapkan model Cooperative Learning tipe Giving Question and Getting Answer aktivitas siswa menjadi 85,3% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Giving Question; Getting Answer
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aa Abdul Aziz Mp
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:27
Last Modified: 17 Sep 2018 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item